Pengakuan Mantan Komandan Zionis: Sulit Musnahkan Hamas!

eramuslim.com – Mantan petinggi Militer Zionis Yair Golan berpendapat bahwa “Israel” tidak akan mampu melenyapkan Hamas maupun Hizbullah dalam perang di Gaza.

Pernyataan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Israel itu diterbitkan oleh surat kabar Haaretz pada hari Jumat, ia juga disebut-sebut akan mendirikan partai Zionis berhaluan kiri.

Golan mengatakan: “Kekuasaan Hamas tidak akan bisa dihapuskan, setidaknya tidak bisa dalam waktu dekat. Tekanan terhadap Hamas tidak akan cukup untuk memusnahkan kekuatannya. Tidak akan ada drama militer yang bisa diharapkan di sini, fokus kita saat ini adalah untuk bebaskan para tawanan, cegah masuknya peralatan tempur ke Gaza dan memberikan respon terhadap kebutuhan kemanusiaan di Jalur Gaza. Bukan berarti setelah hasil dari tujuan-tujuan itu tercapai, kampanye (perang)  ini berakhir.”

Golan klaim  tentara Israel telah menguasai Jalur Gaza bagian  utara, meskipun masih menghadapi perlawanan di wilayah ini: “Dua kondisi  menjadi dasar klaim keberhasilan  di (Gaza) utara: (pertama) telah berhasil evakuasi sebagian besar penduduk dan (kedua) sebagian besar orang yang diculik sudah tidak ada lagi di sana.”

Golan menambahkan: “Apakah Israel mampu menghapuskan pemerintahan Hamas? Ya bisa. Tetapi apakah kami mampu melanjutkan operasi tanpa tentangan tajam dari Amerika? Tampaknya tidak, walau kami harus terus melanjutkan penyerangan . Saya bandingkan (perang ini) dengan Operasi Perisai Pertahanan [di tahun 2002, Tepi Barat], yang berlangsung selama enam minggu dan setelah (perang) itu kami lanjutkan operasi militer di Tepi Barat selama lima tahun.” (sumber: Hidayatullah)

Beri Komentar