Sederet Tokoh Muslim Berangkat Haji Tahun Ini, Ada Zakir Naik hingga Islam Makhachev

Eramuslim.com – Setiap tahun umat Islam dari seluruh dunia berkumpul di tanah suci Makkah dan Madinah menjelang pelaksanaan ibadah haji, sebuah perjalanan spiritual sekali seumur hidup bagi banyak orang.

Dengan ibadah haji yang dimulai pada hari Jumat, 14 Juni, para jemaah akan berkumpul di Mina, dekat Makkah.

Sejumlah tokoh Muslim terkenal dikabarkan menunaikan ibadah haji tahun ini termasuk mantan petenis profesional India dan petenis nomor satu dunia Sania Mirza; juara kelas ringan UFC, Islam Makhachev; petinju kelas berat asal Selandia Baru dan mantan pemain rugby profesional, Sonny Bill Williams; orator Islam asal India yang berbasis di Malaysia, Zakir Abdul Karim Naik; pembawa acara televisi Pakistan dan mantan aktris, Nida Yasir; serta aktris, sutradara dan produser asal Pakistan, Reema Khan.

Mirza menggunakan media sosial untuk mengungkapkan harapan dan persiapannya untuk “pengalaman transformatif” ini, salah satu dari lima rukun Islam.

Dalam sebuah pesan di X, ia meminta “pengampunan atas segala kesalahan dan kekurangan,” dan mengatakan bahwa hatinya “dipenuhi dengan rasa syukur atas kesempatan untuk mencari penebusan dan pembaharuan spiritual.”

Mirza akan ditemani oleh saudara perempuannya, Anam, seorang kurator mode, pengusaha dan vlogger, dan suami dari pemain kriket India, Mohammad Asaduddin, putra dari legenda kriket Mohammad Azharuddin.

Sementara itu, atlet MMA Muslim, Islam Makhachev mengungkapkan ia dan keluarganya akan berangkat ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji beberapa hari setelah mempertahankan gelar juara UFC kelas ringan. Makhachev mengalahkan Dustin Poirier dalam duel ronde kelima.

Image

Hasib Noor, seorang cendekiawan dari Islamic Relief UK, mengunggah sebuah foto bersama sang petarung di akun Twitter-nya, dan menulis: “Di Madinah. Allah menggunakan dia untuk kepentingan Islam & Muslim, membimbing orang lain melalui dia.”

Tokoh Muslim terkenal lain yang berangkat haji ialah Sonny Bill Williams. Kabar tersebut Sonny sampaikan melalui sebuah pesan video di X dengan judul: “Saya diundang untuk menunaikan ibadah haji, Alhamdullilah.”

Williams adalah orang kedua yang mewakili Selandia Baru dalam rugby union setelah sebelumnya bermain untuk negara tersebut dalam liga rugby, dan merupakan salah satu dari 43 pemain yang memenangkan Piala Dunia Rugby dua kali.

Gambar

Tak hanya atlet, penceramah dan dai juga turut berangkat haji. Termasuk Dr Zakir Naik, pendiri dan presiden Islamic Research Foundation dan Peace TV.

Gambar

Dalam sebuah unggahan di X pada hari Selasa, ia mengatakan bahwa keluarganya diundang oleh Tawfiq Al-Rabiah, Menteri Haji Arab Saudi.

Ia menambahkan: “Dr Zakir Naik mendarat di Jeddah pagi ini. Alhamdulillaah 3 pejabat ada di sana untuk menyambutnya. Saat memasuki ruang tunggu VIP, beliau menyelesaikan imigrasi dan keluar dari bandara dalam waktu kurang dari satu menit. Zakir Naik tidak pernah mengalami pelayanan yang begitu cepat dan tepat dalam hidupnya dan itu juga selama ibadah haji.”

Pembawa acara televisi Pakistan, Nida Yasir, menulis di Instagram saat ia berangkat ke Arab Saudi: “Duaon me yaad rakheaga (ingatlah saya dalam doa). Berangkat menunaikan ibadah haji. Kaha suna mauf (Mohon maaf atas segala kesalahan).”

Aktris Pakistan Reema Khan berada di Madinah menjelang ibadah haji.

Dengan membagikan foto dirinya di Instagram, ia menulis: “Allhumdullilah tiba di Madinah pada hari Jumat pagi”.

(hidayatullah)

Beri Komentar