10 Masjid Terbesar di Dunia (Bag.2)

masjid-terbesar-masjid-agung-sheikh-zayed-sore-hariEramuslim – Setelah membahas 3 Masjid terbesar di dunia di urutan ke 10 hingga 8 dalam bagian pertama, kali ini redaksi Eramuslim akan membahas 3 Masjid terbesar lainnya yang terletak di negara Pakistan, Syiah Iran dan Maroko.

Berikut 3 Masjid terbesar di dunia urutan ke 7 hingga 5:

Masjid Badshahi

Memiliki arti ‘Masjid Kaisar’ dalam bahasa Indonesia, Masjid Badshahi dibangun oleh raja ke enam Kesultanan Mughal, Raja Aurangzeb, pada tahun 1671 dan selesai pada tahun 1673 di kota Lahore, Pakistan.

Berada di urutan ke 7, Masjid Badshahi berkapasitas 5000 jemaah di ruang sholat utamanya dan 95.000 jemaah di halaman tengah serta portiko, menjadikannya sebagai masjid tebesar di dunia dari tahun 1673 hingga 1986 (atau selama 313 tahun).

masjid-besar-masjid-badshahi

masjid-besar-masjid-badshahi-2

masjid-besar-masjid-badshahi-1

Komplek Imam Reza, Syiah Iran

Di urutan ke 6 ada Komplek Imam Reza di kota Mashhad yang dianggap suci oleh warga Syiah di seluruh dunia. Di komplek ini terdapat makam Ali bin Musa al-Reza, Imam kedelapan Syiah, serta makam-makam tokoh penting Syiah lainnya.

Memiliki luas sekitar 331 meter kubik, komplek ini diperkirakan mampu menampung sekitar 100 ribu jamaah.

Tercatat sekitar 20 juta warga Syiah dari berbagai penjuru dunia mengunjungi komplek ini setiap tahunnya.

masjid-besar-komplek-imam-reza

masjid-besar-komplek-imam-reza-1

Masjid Hassan II

Di urutan kelima ada Masjid Hassan II yang terletak di kota Casablanca, Maroko, dengan total luas area sebesar 9 hektar dan mampu menampung 105 ribu jamaah.

Masjin Hassan II mulai dibangun pada tahun 1980 oleh arsitek berkebangsaan Perancis Michel Pinseau dan Bouygues dengan menelan biaya sebesar 800 juta dolar AS. (Rtarabic/Ram)

masjid-besar-masjid-hassan-ii

masjid-besar-masjid-hassan-ii-1

masjid-besar-masjid-hassan-ii-2