BTPI, Sanlat Ala LABSCHOOL

foto: M. Zakir Salmun

foto: M. Zakir Salmun

foto: M. Zakir Salmun

foto: M. Zakir Salmun

foto: M. Zakir Salmun

foto: M. Zakir Salmun

foto: M. Zakir Salmun

Untuk mengisi liburan sekolah dan dalam rangka pembinaan pemuda, SMA Labschool Jakarta mengadakan Pesantren Kilat yang dikembangkan menjadi Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI) yang melibatkan pelajar dari berbagai daerah di Indonesia dengan latar belakang agama yang berbeda.

Kegiatan yang sudah berlangsung 13 kali ini dimulai dari 28 Juni sampai 1 Juli 2010 ini diikuti oleh sekitar 200 peserta siswa dan siswi dari 27 SMA. Bukan dari Jabodetabek saja tapi juga ada yang berasal dari Bandung, Magelang, Jombang, Malang, Palembang bahkan Samarinda.

Yang uniknya, kegiatan ini bukan berlangsung di villa atau di kemah, tapi di kapal perang, yaitu kapal perang KRI Makassar yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Selain di kapal perang mereka juga dibawa berlayar ke Pulau Untung Jawa, salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu. Di sana mereka dikenalkan dengan permainan yang umumnya melatih kerjasama, kekompakan, kedisiplinan, kesabaran dan pantang menyerah. BTPI ini memiliki empat tujuan, yaitu:

  1. Ketaqwaan dan Budi Pekerti Luhur
  2. Rasa Nasionalisme, Kebaharian dan Kedisiplinan
  3. Character Building dan
  4. Bina Persatuan Pelajar

(M. Zakir Salmun)