"Kita harus bisa mengalahkan Petronas, bukan berarti kita benci Petronas"

Menyikapi akan keluarnya fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang BBM, Selasa siang (5/7) Forum Umat Islam menggelar Halaqoh Tokoh dan Jurnalis yang bertema: ”Penghapusan Subsidi BBM: Peran Ulama di Tengah-tengah Umat”, di kantornya Jalan Kalibata Tengah 3A, Jakarta Selatan.

Sedianya pada acara tersebut hadir tiga pembicara, namun dengan alasan sibuk dan ada rapat di MUI, Amidhan (ketua MUI) berhalangan hadir. Tersisa dua pembicara, yaitu; Muhammad AlKhaththath (Sekjen FUI) dan Abdullah Shodiq (Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina).

Banyak hal yang dikritisi dalam diskusi ini, utamanya tentang pembatasan BBM bersubsidi dan akan keluarnya Fatwa MUI tentang pembatasan BBM.

Menurut Abdullah Shodiq, agar Indonesia keluar dari krisis energi diperlukan visi yang sama dan harus punya musuh bersama. “Kita harus bisa mengalahkan Petronas, bukan berarti kita benci Petronas”, tegas Shodiq, Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina.

Selain itu beberapa peserta diskusi juga menyoroti dan mengkritisi MUI terkait akan dikeluarkannya fatwa tentang BBM oleh MUI. Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi, karena nantinya umat yang dirugikan. Sehingga tidak ada prasngka bahwa MUI ‘corongnya’ pemerintah. (mzs)