Relawan Dompet Dhuafa Evakuasi Jenazah Pasangan Suami-Istri Korban Merapi

Jumat pagi (12/11), Relawan Dompet Dhuafa kembali mengevakuasi dua jenazah pasangan suami istri Hardono dan Tri Karyani yang merupakan warga Dusun Bakalan, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. Kedua jenazah ditemukan dalam kondisi rusak dan gosong. Bahkan, jenazah Tri Karyani, kepalanya sempat lepas ketika hendak diangkat.

Menurut warga sekitar, sebenarnya pada saat kejadian semburan awan panas Merapi 5 November lalu, Tri Karyani sudah melarikan diri bersama anak-anaknya ke tempat aman. Namun tiba-tiba dia berbalik arah kembali ke rumah karena ingat suaminya, Hardono masih ada di rumah.

Kedua korban terkubur sedalam kira-kira 1 meter bersama rumah mereka. Tim evakuasi yang terdiri dari relawan DMC Dompet Dhuafa, dibantu personel TNI dan Polri kemudian membawa jenazah dengan Ford Ranger bak terbuka Dompet Dhuafa ke RSUP Sarjito untuk diotopsi.

Kondisi Dusun Bakalan sudah rata dengan tanah. Bahkan Kali Gendol yang dulunya sangat dalam yang terletak di pinggir dusun, kini sudah penuh oleh pasir. Bahkan naik hingga 1 meter dari permukaan daratan normal. (Akhsin Muamar)

Melvi Yendra, S.T.
Communication Specialist Dompet Dhuafa Republika
Jl. Ir. H. Juanda No.50 Ciputat Indah Permai
Blok C. 28 – 29 Ciputat, Tangerang 15419
Telp. 021 741 6050 (Hunting) Fax. 021 741 6070