SD Juara Peduli Pendidikan

Walaupun agak terlamba , anak-anak Sekolah Dasar (SD) Juara masih semangat dan ceria dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman sekolah mereka dengan tema “SD Juara Peduli Pendidikan” pada Rabu (25/5) di Jalan Balikpapan I No. 39 A, Petojo, Jakarta Pusat. Acara ini dimeriahkan dengan kegiatan bakti sosial berupa layanan kesehatan bagi 100 pasien, bantuan pendidikan bagi 100 siswa, dan pembagian sembako gratis bagi 100 warga sekitar.

Menurut Endang, Kepala Sekolah SD Juara, acara ini bertujuan untuk mengenalkan SD Juara kepada Pemerintah, khususnya Walikota Jakarta Pusat. Karena selama ini SD Juara Jakarta Pusat belum mengantongi surat izin dari Dinas Pendidikan. “Semua persyaratan untuk mengantongi izin legal formal sudah dilengkapi.

Namun permasalahannya tinggal persyaratan tempat yang belum memadai,” jelas Endang. Karena untuk mendirikan sebuah sekolah, pihak sekolah harus mempunyai lahan 1000 m2. Untuk memenuhi kebutuhan lahan tersebut Endang berharap ada donatur yang mau mewakafkan tanahnya.

SD Juara adalah sekolah binaan Rumah Zakat, yang mulai beroperasi di Petojo ini 5 tahun yang lalu dikembangkan dengan konsep Multiple Intelegences(setiap siswa mempunyai potensi dan akan dikembangkan sesuai dengan potensinya masing-masing), Fun Learning, Active Learning dan konsep Learning To Do dengan kunjungan langsung ke objek pembelajaran.

Sehingga tak heran, walau kebanyakan siswa-siswi SD Juara berasal dari anak jalanan, tetapi mampu menorehkan prestasi dalam setiap acara perlombaan. Tahun 2011 tercatat siswa SD Juara berhasil meraih juara 1 lomba Tenis Meja tingkat Kota Jakarta Pusat dan juara 3 Cerdas Cermat tingkat Kecamatan Gambir. (MZS)