Strategi & Solusi Oracle Untuk Perbankan Syariah

Bermunculan dan merebaknya Bank Syariah di Indonesia bagaikan jamur di musim hujan. Namun perkembangan ini belum diikuti oleh Lembaga Keuangan Syariah tersebut dengan memaksimalkan pelayanan terhadap nasabahnya. Belum lagi masalah pemahaman syariah para pengelolanya, ini masalah lain lagi. Inilah yang mengemuka pada diskusi tentang perbankan syariah yang difasilitasi oleh Oracle, perusahaan jasa Software & Hardware Perbankan Syariah, dengan wartawan di Jakarta pada selasa (22/3) pagi.

Sebagai pembicara tunggal Jamil bin Hasan, Principal Consultant, Islamic Banking Oracle Financial Services Software, dari Malaysia. Jamil yang telah lama mengamati perkembangan dan tren utama dalam keuangan syariah dan memastikan bahwa produk dan jasa yang ditawarkan Oracle selalu selaras dengan kebutuhan pasar keuangan Syariah dunia.

Pengalaman Jamil di dunia keuangan Syariah diawali pada sebuah bank komersial di mana produk perbankan Islam dan jasa yang ditawarkan lewat perspektif Perbankan Syariah. Pada saat itu beliau berhasil mengelola proses migrasi seluruh sistem inti perbankan dalam kurun waktu 18 bulan. Melalui Jamil, Oracle Financial Services Software menawakan produknya kepada perbankan Syariah, karena produk ini sudah teruji di kawasan Afrika, Eropa dan Negara-negara anggota GCC. (mzs)