Muslim Wales, Berkembang, Sembunyi Di Balik Identitas

Wales, merupakan sebuah negara bagian Britania Raya. Meski nama ‘Principality of Wales’ atau ‘Tywysogaeth Cymru’, (Kepangeranan Wales) sering dipakai, tetapi banyak yang menentang, sebab Pangeran Wales (Prince of Wales) tidak memiliki peran apapun dalam pemerintahan Wales (Wales merupakan kepangeranan dengan wilayah terluas di dunia). Bagaimana Islam di negara ini?

Islam adalah agama non-Kristen terbesar di Wales, dengan 22.000 orang tercatat pada sensus tahun 2001. Diyakini, Islam sebenarnya sudah menjejakkan kaki di Wales sejak awal abad 12, ini dengan adanya sedikit masjid yang sudah ada di sana. Pada tahun 1947, di Cardiff didirikan masjid resmi pertama di Inggris.

Menurut sensus terakhir, dari sekitar 24.000 Muslim di Wales sekarang ini, kebanyakan—seperti halnya Muslim di negara-negara Barat—merupakan imigran. Pada tahun 2008, diumumkan perencanaan untuk membangun Islamic Center di Carmarthen dan sebuah sekolah untuk Muslim telah didirikan di Llanybydder di Carmarthenshire.

Bukti sejarah Islam di Wales

Bukti sejarah adanya Muslim di Wales adalah sejak tahun 1870, di Swansea dan Cardiff sudah ada bangunan-bangunan yang di rumah-rumah milik pribadi yang terletak di dermaga yang dikhususkan untuk melaksanakan salat. Diduga, ini adalah kiprah dari para pelaut yang berasal dari Yaman.

Butetown di Cardiff termasuk yang paling banyak menyimpan sejarah Islam. Pada akhir 1930-an, sebuah masjid Yaman didirikan dan kemudian menjadi South Wales Islamic Centre. Pada tahun 1947, Masjid Cardiff Wales dibangun, kemudian juga Masjid Peel Street, yang sebagian didanai oleh uang publik. Setelah Cardiff, Swansea juga cukup hangat dengan Islam. Pada tahun 1971, masjid pertama kalinya dibangun yaitu Masjid Swansea City dan Islamic Centre, juga dikenal sebagai Masjid Tengah, didirikan di St Helens Road.

Kuat akan organisasi Islam

Saat ini, Wales memiliki sekitar 40 masjid, yang kebanyakan memang masih berada di Cardiff, dan sebagian orang Islam menyebar di Aberystwyth, Bangor, Barry, Haverfordwest, Lampeter, Llanelli, Neath, Newport, Port Talbot, Swansea dan Wrexham. Pada tahun 2006, kelompok pramuka pertama bagi umat Islam dibuka di Cardiff dengan lebih dari 100 anggota.

Salah satu kelompok Islam yang terkenal di Wales adalah New Muslim Network Wales yang didirikan pada akhir tahun 2001. Kelompok untuk memberikan dukungan dan saran untuk mereka yang masuk Islam dan keluarga mereka yang non-Muslim. Kelompok ini juga memberikan nasihat kepada mesjid dan organisasi Islam lainnya dalam pekerjaan dakwah dan hubungan masyarakat.

Meskipun komunitas Islam sangat kecil di Wales, namun memiliki bagian penting dalam berbagai mosaik budaya Welsh kontemporer.

Bisa dikatakan, Islam di wales berkembang. Parameter saat ini memang hanya berdasarkan lahirnya berbagai komunitas Islam di negara ini. Mulai dari Asosiasi Muslim Professionals Wales, yang terbesar dan paling terbaru ini adalah Dewan Muslim Wales, sebuah organisasi payung yang mengklaim mewakili 53 organisasi Muslim dan asosiasi masjid di seluruh negeri.

Kelompok-kelompok ini juga menjalin hubungan kerja yang erat dengan banyak kelompok di tingkat lokal dan nasional dan juga dengan badan-badan seperti pemerintah daerah dan aparat polisi.

Dampak 9/11

Dikutip dari RepublikaOnline, menyatakan diri sebagai pemeluk Islam ternyata bukan hal yang mudah bagi kaum Muslim di Wales. Sebagian Muslim yang tinggal di negara bagian Inggris Raya itu justru mengaku takut untuk menyebutkan Islam sebagai agama yang mereka anut. Dalam sensus penduduk yang dilakukan Pemerintah Wales baru-baru ini, sebagian kaum Muslim lebih memilih tak mencantumkan agama yang dipeluknya. Mereka enggan menjawab pertanyaan, “Apa agama yang Anda anut?”

Menurut Kepala Dewan Muslim Wales, Saleem Kidwai, sejak 2001 ada 20 ribu Muslim di Wales yang memilih tak mencantumkan agama mereka saat disensus. “Banyak Muslim memilih tak mengisi kolom agama. Mereka khawatir informasi itu disalahgunakan,” tutur Kidwai, seperti dikutip Guardian, beberapa waktu lalu. Mungkin ini juga merupakan ekses dari meledaknya perisiwa 9/11 di Amerika yang memang langsung menyapu bersih semua orang Islam sebagai orang yang patut dicurigai dalam setiap kejahatan, walaupun kenyataannya hampir jauh panggang dari api. (sa/wikipedia/republika)