free hit counters
 

Surat Tanggapan Atas Artikel “Generasi Micin : Bahaya MSG Bagi Kesehatan”

Redaksi – Rabu, 12 Muharram 1439 H / 4 Oktober 2017 07:28 WIB

Eramuslim.com – Menanggapi berita/informasi tentang MSG (Vetsin, Mecin, Pecin) di Eramuslim.com yang bertajuk “Generasi Micin Wajib Baca: Bahaya MSG Bagi Manusia dan Bahaya MSG Bagi Kesehatan” dimana ditampilkan beberapa tulisan tentang MSG sebagai berikut:

Bagaimana dampak MSG (mono-sodium glutamate) terhadap kesehatan anda? Jawaban singkatnya adalah: MSG adalah buruk bagi Kesehatan.

Beberapa hasil penelitian yang menunjukkan hasil bahwa MSG menyebabkan kerusakan hati dan otak.
Dua tahun sesudahnya pada tahun 2008, sebuah studi masuk ke dalam Journal of Autoimmunology, memperkuat temuan yang menunjukkan adanya kerusakan hati, dan juga menunjukkan peran dalam memberikan kontribusi untuk obesitas pada model tikus (penelitian Nakanishi et al, 2008).

Kerusakan pada hati sekali lagi dikonfirmasi pada tahun 2009, kali ini berkontribusi terhadap penyakit hati berlemak non-alkohol atau non-alcoholic fatty liver disease (penelitian Collison et al, 2009).

Semua bukti itu semakin menguatkan, karena baru-baru ini ditemukan terkaitnya MSG dengan kelebihan berat badan (overweight) yang menghasilkan obesitas dalam studi populasi di Cina (penelitian Xun et al, 2011).

Kerusakan hati sekali lagi dikonfirmasi baik pada tahun 2011 dalam model tikus lain, yaitu tentang efek jangka panjang dari MSG terhadap hati tikus putih setelah terpapar neo–natal (penelitian Bhattacharva et al, 2011)
Dan kerusakan hati juga terjadi pada model tikus lain melalui studi histokimia daripengaruh MSG pada hati tikus Wistar dewasa(penelitian Eweka et al, 2011).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Info Umat Terbaru