free hit counters
 

Membaca Pokok-Pokok Geostrategi Cina di Jalur Sutra (3)

Redaksi – Senin, 3 Rajab 1440 H / 11 Maret 2019 12:00 WIB

Pola (kapitalisme) di atas, kebalikan dari pola komunisme, dimana justru pengusaha yang maju di depan membuka ladang-ladang investasi di luar, namun ada back up negara dan/atau militer di belakang mereka. Itu perbedaan pola keduanya secara sepintas.

Dalam geopolitik, tata cara memainkan pola-pola baik komunisme maupun kapitalisme itu disebut “geostrategi” atau istilah lainnya ialah “perilaku geopolitik”.

Untuk menandai siapa bermain di belakang geostrategi, lazimnya ada perilaku yang khas/spesifik daripada sekedar hal-hal yang diurai sekilas di atas. British Geopolitics (BG), misal, pada pola kapitalisme, memiliki ke-khas-an tersendiri yakni mencaplok dahulu simpul-simpul transportasi baik bandara udara, pelabuhan laut atau infrastrukur lain yang dinilai strategis, kemudian baru merangsek ke aspek-aspek lain.

Selanjutnya bila mereviu kembali perilaku BG sewaktu mengkoloni Cina melalui pintu Perang Candu I (1839 – 1842) dan Perang Candu II (1856 – 1860), tersurat dua perilaku khas dari geostrategi atau perilaku geopolitik Inggris.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Laporan Khusus Terbaru

blog comments powered by Disqus