Membludaknya Hijrah Fest: Milenial Tak Peduli Islam?

Tidak ada suasana seperti yang saya lihat sore ini. Di zaman itu mindsetnya belajar agama harus serius. Tidak ada suasana yang fun dan menyenangkan seperti ini. Gelombang hijrah generasi ini memang luar biasa. Sudut mata saya terasa hangat.

Parade kesalehan itu makin terlihat. Menjelang Maghrib, antrean wudhu peermpuan mengular rapi. Tidak ada yang saling serobot. Semua berbaris satu per satu dengan tertib. Saya belum pernah melihat antrean setertib ini dalam banyak event yang digelar di JCC.

Sepuluh menit menjelang adzan, panitia di panggung utama memberi pengumuman bagi semua booth untuk segera menutup gerainya. Bila sampai waktu shalat masih ada yang melakukan transaksi, maka gerainya akan kena sanksi tidak boleh berjualan lagi esok hari.

Suasana yang semula riuh tiba-tiba senyap manakala adzan mulai berkumandang. Panggilan shalat yang disuarakan dengan langgam khas Madinah itu terasa menggetarkan hati. Wajah-wajah belia yang terlihat basah oleh siraman air wudhu tertunduk khusuk mendengar seruan ilahi.

Suara sang imam Muzammil Hasballah, hafidz muda lulusan ITB yang bersuara indah, mulai terdengar saat meminta jamaah meluruskan dan merapatkan shaf shalat. “Jadikan shalat ini seakan shalat terakhir kita,” katanya lembut, namun tak urung membuat bulu kuduk saya meremang. Ya Rabb, seandainya ini Maghrib terakhir saya, jadikan ini sebagai jalan ke surgaMu.

Setelah Alfatihah, lalu terdengar bacaan surat Ar-Rahman yang sangat indah… Fabi-ayyi ala-i rabbikuma tukazziban [Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?]

photo

Suasana acara Hijrah Festival 2018 yang digelar di Hall A JCC Senayan, Jakarta. Acara yang akan menampilkan sejumlah ustadz dan artis yang sudah berhijrah ini berlangsung pada 9-11 November 2018.

Allah tidak akan menyiakan-nyiakan hambanya yang memilih jalan hijrah. Seperti Allah mengganti hijrahnya Nabi Musa dari Mesir dengan tanah Palestine yang diberkahi. Seperti hijrahnya Nabi Ibrahim dan wanita mulia Ibunda Hajar dan Ismail dari Palestine dan menggantinya dengan Tanah Suci Mekkah. Seperti hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke negeri yang penuh berkah Madinah.