Sikap Erdogan atas Pembunuhan Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi

▶️ Dalam mengkritik Saudi, Jamal Khashoggi termasuk paling sopan gw rasa. Coba bandingkan dengan jurnalis lainnya di Teluk yang tulisannya terlalu vulgar. Qodarullah, Ben Salman adalah musuh kebebasan, sesopan dan sekecil apapun itu. 2 Oktober silam menjadi hari tragis bagi Jamal Khashoggi.

▶️ 2 Oktober habis dzuhur, Jamal Khashoggi masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul guna meminta surat keterangan cerai. Pada awalnya Jamal Khashoggi meminta surat keterangan tsb di kedutaan Saudi di Washington DC, tapi Jamal Khashoggi dioper disuruh datang ke Istanbul. Aneh memang, tapi di sini skenario mulai dijalankan.

▶️ Ketika Jamal Khashoggi tiba di Istanbul, dua pesawat yang biasa ditumpangi pejabat teras Saudi takeoff dari Riyadh. Tim yang berjumlah 15 orang dibagi dalam dua penerbangan, mereka dikirim ke Turky untuk menghabisi Jamal Khashoggi.

▶️ Jamal Khashoggi sudah punya firasat mungkin. Satu dari dua handphone miliknya diserahkan Jamal Khashoggi kepada tunangannya sebelum ke Konsulat Saudi. Pesan Jamal Khashoggi, jika terjadi apa2 cepat hubungi Yasin Aktay (penasehat Erdogan).

▶️ Hari kedatangan Jamal Khashoggi ke Konsulat, mendadak Konsulat Saudi meliburkan semua pegawai Konsulat dari WN Turky. Kebetulan juga cctv Konsulat hari itu rusak.

▶️ Ternyata Turky punya standar keamanan sendiri pasca serangan ISIS dan Kurdi. Pihak Saudi tidak tau akan hal itu, semua terbongkar termasuk penyiksaan bahkan mutilasi terhadap Jamal Khashoggi.

▶️ Dari rekaman yang dipegang oleh pihak keamanan Turky, terlihat 6 mobil Konsulat keluar beberapa waktu setelah Jamal Khashoggi masuk. Dua mobil menuju rumah Konsul Saudi, dua lagi terlihat kembali ke Konsulat tidak lama setelah keluar dan dua lagi kembali ke Konsulat hampir tengah malam.

▶️ Dua pesawat yang membawa 15 pembunuh Jamal Khashoggi tadi terpantau meninggalkan Istanbul besoknya. Satu takeoff jam 4 sore menuju Mesir, satu takeoff jam 10:42 malam hari menuju Dubai.