Ust. Abdul Aziz Abdul Rauf, Lc: Renungan Ramadhan

?Bersama quran menghidarkan penyesalan saat hari kiamat. Qs maryam – kiamat disebut juga sbg yaumul hasroh (hari penyesalan).

? Secara keumatan/sosial

? agar quran yg dibaca dan dipelajari bs jd bekal untuk memperjuangkan agama allah. Spt mahmud td. Gmau diajak memerangi agama allah. Krn target perjuangan agama allah ada di quran.

إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ، وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا،

Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong.

Berbondong2 masuk agama allah bukan semata tentang berapa banyak jumlahnya. Tp berbondong2 dlm islam yg menyeluruh, semua lini. Dalam kehidupan berkeluarga, bernegara, dsb.

2 : 231 _ konsep hebatnya rumah tangga islam. Klo gbs dipertahankan silahkan cerai. Tp ga boleh menyakiti wanita. Klo sampe nyakiti maka itu melawan ayat allah. Sampai 3 halaman quran bahas perceraian.
Betul cerai itu jelek, tp kamu hrs ttp jd muslim yg baik. Ada ayatnya.

Rasulullah ga tega lihat istrinya kerja keras. Maka Rssulullah selalu terlibat dg aktivitas istrinya. Masak bersih2 dsb. Ini akhlaq.

* QS 40 : 47
Allah cerita ttg neraka. Nanti disana ada perdebatan antara klmpk grass root dg elit politik. GR marah2 gara2 kamu kami masuk neraka. Krn GR cenderung ikut2an. Maka dakwah yg berusaha menyelamatkan. Agar tdk ada gelombang GR yg mendukung kebatilan.

GR pendukung kebatilan akan ikut sama yg didukungnya. Neraka. Sebaliknya. Pendukung yg baik akan ikut ke yg baik.

Maka bagi mereka yang mau baca quran, mentadabburi dan mengamalkannya, akan merasa tidak cukup kalau sholeh sendirian. Mereka akan berusaha juga untuk mensholehkan orang lain.