Bakal Jadi Kantor Gibran, Jokowi Cawe-cawe Minta Desain Istana Wapres di IKN Direvisi

 

eramuslim.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba meminta desain pembangunan Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur direvisi.

Permintaan Jokowi itu diutarakan menjelang proses pembangunan kantor orang nomor dua Indonesia yang rencananya dimulai Juli 2023 ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membenarkan adanya permintaan revisi dari Jokowi.

Pihaknya terpaksa melakukan lelang ulang. Padahal sebelumnya sudah ada tiga pemenang hasil sayembara.

“Dilelang ulang, ya,” kata Basuki ketika ditemui di Kantor Kementerian PUPR dikutip dari Tempo, Rabu sore, 13 Maret 2024.

Basuki sempat menyebut pembangunan Istana Wapres di IKN dijadwalkan pada Juli 2024. Pembangunan diperkirakan memakan waktu sekitar tahun lalu.

“Desainnya berubah. Waktu lelang pertama kami dengan desain juara pertama, tetapi setelah dilihat Bapak Presiden, perlu direvisi sehingga kami revisi,” kata Basuki.

“Kalau Istana Wapres, saya enggak tahu lelang ulang atau meneruskan yang kemarin,” sambungnya.

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan pemenang sayembara desain arsitektur gedung dan kawasan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2022. Hasil sayembara perancangan komplek Istana Wakil Presiden telah menetapkan ada tiga pemenang hasil sayembara, tanpa ada pemenang utama.

Dua peserta sebagai pemenang bersama kedua, masing-masing arsitek Daliana Suryawinata ST IAI dari kelompok Huma Betang Umai, dan arsitek Andy Siswanto PhD IAI dari kelompok Istana Kerakyatan.

Sedangkan pemenang ketiga adalah arsitek Budi Pradono ST IAI dari kelompok Dwi Arya Wibawa, yang karyanya pernah ditampilkan Asrinesia dan kenari Djaja, pada bulan Agustus beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, Wapres Ma’ruf Amin mengaku belum berencana berkantor di IKN. Rencana perpindahan tersebut, kata dia, juga belum dibicarakan.

“Jadi Presiden mungkin akan di sana. Saya belum ditugaskan apakah saya akan ke sana apakah di Jakarta saja, belum ada pembicaraan,” ucap Ma’ruf saat memberikan keterangan pers usai membuka Festival Kemandirian BLK Komunitas Tahun 2024 di Pondok Pesantren Daarul Archam Desa Tanjakan Rajeg Kabupaten Tangerang, Kamis, 7 Maret 2024.

Sementara itu, Presiden Jokowi rencananya mulai berkantor di IKN mulai Juli 2024. Hal ini dilakukan jika infrastruktur penunjang, seperti sumber air hingga jalan tol sudah tersedia.

Untuk diketahui, istana Wapres di IKN sepertinya akan ditempati Wapres terpilih. Berdasarkan hasil hitung cepat Pilpres 2024, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka jadi pemenang. (sumber: Fajar)

Beri Komentar