Balas Kritikan Rocky Gerung yang Sindir Lembaga Survei, Pendiri SMRC: Produk Buruk Nggak Ada Pasarnya

eramuslim.com – Saiful Mujani, pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), membalas kritikan dari Pengamat Politik Rocky Gerung yang mengklaim bahwa semua lembaga survei adalah tipu-tipu.

Namun, Saiful Mujani menegaskan bahwa dirinya adalah pendiri Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dibiayai oleh Japan International Cooperation Agency (JICA), dan bukan oleh World Bank.

“Rocky saya yang bikin lembaga survei Indonesia. Tidak dibiayai world bank, tapi JICA. Berharap kemudian bisa mandiri setelah berbagai pihak teryakinkan ada manfaatnya. Itu kemudian soal pruduk dan pasar,” kata Saiful Mujani dalam unggahannya di Twitter membalas video viral Rocky soal pernyataan itu, Selasa, (6/6/2023).

Ditegaskan, produk buruk tidak akan memiliki pasar. Menurutnya, sumber biaya tidak boleh didikte oleh proses dan hasil.

Lebih lanjut, Saiful Mujani mengatakan, survei opini publik adalah capaian besar dalam studi politik modern.

“Produk buruk ga ada pasarnya, bukan tipu-tipu nggak mungkin produk serius nggak ada biayanya, pasti ada. Tapi sumber biayai tidak boleh dikte proses dan hasil. sama seperti profesi modern lainnya. Tipu-tipu nggak ada pasarnya kecuali bagi orang dungu, istilahmu?. Survei opini publik adalah capaian besar dalam studi politik modern,” tandasnya.

Sebelumnya, Rocky Gerung memaparkan sejarah lembaga survei di Indonesia yang awalnya hanya ada LSI dibiayai oleh Bank Dunia atau World Bank.

“Dulu lembaga survei itu cuman satu. Namanya lembaga survei Indonesia. Dibiayai oleh World Bank untuk memback up demokrasi. Nggak ada yang bayar disitu karena ini uang dunia, uang world bank,” beber ahli filsafat ini.

Belakangan kata dia muncul banyak lembaga survei yang menurutnya hasil surveinya tergantung orderan.

“Dari lembaga itu berternaklah disitu tokoh-tokoh yang ada sekarang. Nipu, udah digaji eh dia bikin di dalam lembaga yang dia udah digaji itu, dia bikin survei dia sendiri,” kata Rocky.

Lebih lanjut dikatakan, semua hasil survei itu nipu. Lembaga survei hanya saling titip kuesioner. Menurutnya, lembaga survei yang kredibel adalah lembaga survei yang dibiayai oleh publik bukan salah satu kelompok apalagi figur capres.

“Semua lembaga survei yang ada sekarang itu adalah urusannya tipu menipu. Saling titip kuesioner. Karena itu mirip-mirip aja. Jadi selama tidak bisa dibuktikan bahwa itu lembaga dibiayai oleh publik nggak mungkin itu benar, tapi nanti mereka bilang ini uang kita sendiri untuk kepentingan publik darimana untungnya kalau uang sendiri,” pungkas Dosen Sam Ratulangi ini.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar

16 komentar

  1. Kalau si rocky gerung itu manusia terdungu di dunia, kenapa……, dia tidak pernah mengakui sesuatu kalau tidak sesuai dengan kemauan dia sendiri, salah satu contoh : KALAU SEMUA MANUSIA MENGATAKAN BAHWA TINJA ITU JOROK DAN BAU tapi kalau si rocky gerung belum tentu….., dia ( rocky gerung) bisa dan berani bilang bahwa TINJA itu wangi dan enak, yang penting bisa bertolak belakang dengan orang lain, itulah perbedaan MANUSIA WARAS dengan rocky gerung.

    1. Itu kata kau Silaban, wong OTAK MU SUDAH PENUH BERISI KENCING KODOK, YA ..PASTI NEGATIF SETIAP PENDAPAT YG BERBEDA DENGAN REJIM PLONGA-PLONGO.

    2. Sangat setuju dengan pendapat anda dan pandangan rocky gerot selalu bertolak belakang dengan fakta yg ada dan selalu mengatakan dungu sebenarnya dia sedang mengatakan diri dia sendiri

  2. Wkwkwkw ploduk ploduk yg mana dulu ya..buktinya saya salah satu dari ratusan juta olang2 Indonesia yg ga percaya ploduk ploduk lembaga survey saat ini. Sangat jauh dari kenyataan di lapangan.

  3. Walaupun dibiayai oleh manusia suci pun tapi yg melaksanakan survei ada kepentingan pesanan, ya podo wae pul….

  4. RG mana ngerti soal survei yg populer abad 20 an. Dia kan slalu mrujuk pd abad Socrates stiap kali mncuap

  5. sy percaya RG kan kt bs liat survey tipu2 itu … jelas banget keliatan , klw org satunya mah cm bela diri biar keliatan org bnr

  6. Capaian besar apa, survei itu sudah ada dari dulu dari sejak ilmu statistik berkembang. Survei mah biasa aja dalam bidang ilmu. Tanpa surveipun pemilu akan lancar, malah akan lebih meyakinkan. Survei ada manfaatnya tapi bisa menjadi pilihan cara untuk berbuat curang bagi orang yg tidak bermoral.

  7. Saya blm pernah lihat PRESTASI NIH ORG rocky saya hanya mau tanya PAJAK ANDA meninggkat gak tiap tahun TAPI MAAF ya pakaian anda saja itu itu saja jadi sy anggap anda hanya seperti radio di malam hari SAYA sebastian tks

  8. Hanya para Lembaga SURE PAY yang rela menjadi PELACUR2 INTELEKTUAL demi cuan dengan survey tipu2 nya untuk menggiring opini publik sesuai pesanan yang bayar ….

  9. Lucunya hasil survey dari beberapa lembaga ternyata berbeda padahal dilakukan di waktu dan lokasi yg sama… Jelas hasilnya sesuai pesanan yg membayar