Blak-blakan! Guntur Romli Sebut Anies Bodoh dan Dunggu, Ini Alasannya

eramuslim.com – Mohamad Guntur Romli, politisi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengkritik Anies Baswedan, Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Menurutnya, Anies Baswedan adalah sosok yang bodoh dan dungu. Pernyataan ini diungkapkan oleh Mohamad Guntur Romli dalam wawancara di saluran YouTube Cokro TV pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Loyalis Ganjar Pranowo ini menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan sebutan bodoh dan dungu berkaitan dengan kritik soal pembangunan jalan era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Anies terlihat bodoh dan dungu karena dua alasan,” kata Guntur.

Pertama kata Ketua Umum Ganjarian Spartan ini bawah data yang dikutip ternyata hanya salah paham, salah penafsiran.

Menurut Kementerian PUPR, data BPS yang dikutip oleh Anies menjelaskan data status jalan bukan pembangunan jalan.

“Itu jumlah data jalan nasional era SBY memang bertambah yang berasal dari jalan provinsi yang sudah ada sebelumnya, yang kemudian menjadi jalan nasional statusnya. Istilahnya di-upgrade tapi bukan membangun jalan-jalan baru,” kata dia.

Menteri Pekerjaan Umum era SBY, Djoko Kirmanto jelas Guntur, juga pernah mengakui hal itu

Sebagaimana agaimana dicatat oleh pada tanggal 24 Maret tahun 2014, Djoko Kirmanto mengatakan selama kurun waktu tahun 2004 sampai 2014 panjang jalan nasional bertumbuh dari 34.000 KM menjadi 38.000 KM.

“Tambahan itu kata Pak Joko Kirmanto dari pembangunan jalan baru dan ada juga dari jalan-jalan yang biasa berubah menjadi jalan nasional,” jelasnya.

Menurut buku informasi statistik infrastruktur PUPR, Tahun 2022 panjang jalan nasional selama era SBY memang bertambah sekitar 3.941 km dari 34.629 KM menjadi 38.570 KM.

Sedangkan pada era Jokowi dari tahun 2014 hingga akhir 2021 panjangnya bertambah 8.395 km dari sebelumnya dari sebelumnya 38.570 KM menjadi 46.965 KM.

“Yang patut diperhatikan panjang jalan nasional era Jokowi tentu masih bisa bertambah karena belum ada data Tahun 2022, 2023 dan 2024,” kata dia.

“Apalagi pemerintahan Jokowi juga belum usai dan Pak Jokowi tengah menggenjot pengerjaan jalan nasional di berbagai wilayah di Indonesia,” jelasnya.

Kedua, setelah terbukti salah paham soal data status jalan. Anies tidak mau klarifikasi apalagi mau minta maaf.

“Eh timnya Anies malah menyalahkan berita online. Tim pemenangan Anies Baswedan yang bernama Hendri Satrio atau Hensat tidak menampik data yang disampaikan Anies itu memang keliru,” kata Guntur.

“Namun kata Hensat, dia melemparkan kesalahan tersebut ke media online yang memuat data yang katanya hanya dibacakan oleh Anies Baswedan,” tandasnya.

 

(Sumber: Wartaekonomi)

Beri Komentar

4 komentar

  1. Wow mulai gelisah tujuh turunan?? ga ada kartu truff?? tuk jatuhin inshalloh presiden R.I Anies Rasyid baswedan?❤️

  2. Olah kata itu kakak adik dengan berkelit. Salah baca bersaudara dengan kedunguan. Hehe..he…sulit membayangkan betapa runyamnya jalan hitam dengan jalan kubangan jika negara ini dipimpin oleh tukang olah kata saudaranya siberkelit kakak adik si dungu.

  3. dimata si Guntur Romli yg di rumahnya miara anjing, Anis selalu salah..berbuat bener pun di salahin….

  4. Anis Baswedan Ph.D paling cerdas calon presiden RI 2024..ngga hobi nonton video porno dan ngga terima aliran uang korupsi E-KTP