Hapus Pramuka dari Kegiatan Wajib di Sekolah, Akbar Faizal: Nadiem Sempurnakan Kinerja Buruknya

 

eramuslim.com – Politikus senior Akbar Faizal memberikan komentar menohok terhadap Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset , dan Teknologi RI Nadiem Makarim.

Komentar itu terkait keputusan mencabut aturan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Nadiem Makarim, yang telah mencabut aturan tersebut, disebut Akbar telah menyempurnakan kinerja buruknya.

“Menteri Nadiem Makarim sempurnakan kinerja buruknya,” ujar Akbar dalam keterangannya di aplikasi X @akbarfaizal68 (1/4/2024).

Menurutnya, apa yang dilakukan Nadiem itu bukan hanya menyempurnakan kinerjanya yang buruk, tapi juga merusak tools pembentukan karakter siswa.

Menurut Akbar, kehadiran pramuka selama ini penting dalam membentuk jiwa siswa agar tetap tangguh.

“Padahal pramuka bentuk jiwa siswa jadi tangguh,” ungkapnya.

Akbar mengecam Nadiem karena dianggap telah merusak karakter anak bangsa dengan mencabut aturan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah.

“Nadiem anak kota yang kaya. Gak paham yang gini-ginian. Jiwanya adalah cuan,” tandasnya.

Ia menilai keputusan tersebut sebagai langkah yang tidak bijaksana dalam mendidik generasi muda.

“Saya protes keras. Menteri online ini merusak karakter bangsa,” kuncinya.

Sebelumnya, Nadiem mencabut kegiatan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah melalui Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Peraturan baru ini menempatkan Pramuka sebagai kegiatan yang dapat dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.

Hal ini menggantikan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan yang sebelumnya menjadikan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Peraturan Menteri ini ditetapkan di Jakarta pada 25 Maret 2024 dan mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu 26 Maret 2024.

Keputusan Nadiem Makarim ini mendapat beragam tanggapan dari berbagai kalangan, termasuk kritik tajam dari sejumlah pihak yang menyebut langkah ini sebagai merusak karakter dan tradisi Pramuka di Indonesia.

(sumber: fajar)

Beri Komentar

18 komentar

  1. Sy menduga hal ini dilakukan utk penghematan anggaran, di mana presiden baru ada program makan gratis Plus minum susu. Tentu membutuhkan dana besar, shg dampakx akan banyak anggaran yg akan dialihkan kesana.

      1. Bukan hanya minum susu tapi juga makan bersama di sekolah. Kesan kata gratis itu. Jelek banget, sama seperti subsidi buat rakyat, sementara ke ASN dan tni. Di sebut fasilitas. Mestinya fasilitas bbm untuk rakyat. Krn rakyat lah yg bayar pajak.

  2. Untuk menuju negara maju,,,Indonesia melaluinya Kemendikbud nya harus menghapus pelajaran agama dan PPKn dr kurikulumnya..
    Pendidikan moral harus dilengkapi pendidikan beretika diikuti dgn pelajaran prakteknya…

    1. Dalami dulu isi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, karena Pramuka sudah diakui dunia termasuk di Indonesia diperkuat dengan peraturan perundang-undangan salah satu organisasi Pemuda termasuk siswa2 murid di sekolah untuk membetuk manusia yang beragama, mempunyai watak dan kepribadian yang luhur dan peduli terhadap orang lain dan lingkungan hidup, jadi bukan hadir kaya Online Om Metri

  3. Nadim akan membentuk generasi kongko kongo sambil main hp dan nunggu antrian makan siang gratis, dan Nadim itu hanya berangan angan anak tanpa latihan seperti pramuka anak2 sudah terlatih, seperti ” maaf” bebek yang berbaris rapih ketika jalan kesuatu tempat

  4. anda gk suka pramuka bukan berarti harus menghapus pramuka kang Karim…..aku tantang kamu dengan melepas semua atribut, harta & pangkat; pilih hidup di hutan, lautan, udara atau kota jakarta sekalipun, kita lihat siapa yg akan survive. aku Pangat; Krajan, Parang, Magetan, Jawa Timur.

  5. Pak nadim pak nadim blm tau cara mencintai tanah air mungkin maka nya pak nadim tidak tau cara mencintai negara tercinta kita Indonesia. Mungkin anak pak nadim ngeluh capek nya ikut pramuka
    Sebenar nya pramuka itu membentuk jiwa percaya diri, membentuk kreatifitas, dan membentuk jati diri kita… Pramuka adalah dasar kita bermasyarakat…

    1. Semakin tidak jelas arah kebijakan menteri ini. Anda hanya bisa melihat dari sisi anda sendiri. Sisi 1 persen penduduk Indonesia, bukan sisi yang 99 persen. Dan itu suatu kebodohan jariyah.

  6. Selamat buat Pak Menteri Nadim…. Dinobatkan sebagai menteri terlangka didunia…. 🤣🤣🤣

  7. Kmungkinan Nadim dulu di SMP/SMA Tak pernah ikut kegiatan Pramuka, salah satu pembentukan untuk watak tangguh dan kenangan prjalanan hidup serta kebahagian masa remaja dengan mngikuti pramuka.

  8. Ini nih,,gak paham Pramuka utk apa,berapa banyak manfaatnya yg kita dapat dari kegiatan Pramuka,saya temukan jatidiriku, juga dari Pramuka&ekskul Yudha putra.saya temukan bagaimana menjalani& melewati tantangan hidup diluar kala jauh dari keluarga,kemandirian yg kuat,jiwa pemimpin,kita bisa belajar dari sana. Kok tiba2 dihapus..jujur saya sebagai ortu tidak setuju Pramuka dihapus,justru di tingkatkan.

  9. Bhua ha ha ha, begini kalau program pemerintah tidak punya program kerja jangka panjang…! 5 th reset 5 th reset…! Terus aja gitu, ganti menteri ganti kebijakan ganti presiden ganti kebijakan. Tapi bagus juga 😅😂 generasi yg selalu siap menghadapi perubahan kebijakan.

  10. Menteri Nadim itukan produk pendidikan Luar Negeri, kalau dia menghapus extra kurikuler Pramuka dari sekolah2 adalah wajar karena dia di didik bukan hasil pendidikan Indonesia makanya dia nggak pernah tau Cikal bakal Pramuka itu adalah Pandu, Hisbulwatan dll, dan di jaman pra kemerdekaan mereka ikut berjuang menjadi benteng rakyat melawan penjajah.
    Kalau sekarang dia menghapuskan Pramuka dari sekolah2 yang salah bukan Makarim nya tapi yang memilih dia untuk jadi Menteri Pendidikan.🫡🫡🫡

    1. Ini salah yang pilih dia jadi mendik. Jadi gampang di stir, alhasil beginilah jadinya. Mundur aja Pak Kurang apa dengan usahamu yang online.

  11. Ini menteri kontroversial…. Persis seperti anies edan waktu jd menteri pendidikan, maaf ya, ada maksud terselubung pramuka ditiadakan…. Batalkan aturan ini, suruh cabut aturan ini….. Enak sj mau ganti pramuka, sangat penting pramuka itu, apalgi sekarang lagi marak maraknya gangster anak SMP, sma…

  12. Kebijakan yang boooooodooh .
    Tanpa dasar. ,bagaimana generasi kita nantinya..
    Apa salahnya Pramuka ?????
    Dimana salahnya ?????
    Mungkin anda yang terhormat Pak Menteri ngak paham apa itu Pramuka. .
    Kedepanya seorang menteri pendidikan harus terpilih dari sesorang yang paham akan komponen” organisasi kepemudaan yang mempunyai histori dalam membentuk karakter bangsa ini dan kepribadian cinta tanah air ( Pramukaa) dan seorang menteri yang tidak terlalu lama di luar negeri sehingga tidak memahami sepenuhnya atas pebentukan karakter bangsa ini ( INDONESIA).
    Kami Pramuka Indonesia ,manusia Pancasila ,dasa Kudharmakan ,Dharma kubaktikan , AGAR JAYA INDONESIA, INDONESIA TANAH AIRKU KAMI JADI PANDUMU .

  13. Pengambilan kebijakan yang bodoooh,tanpa dasar .
    Pramuka yang selama ini menjdi salah satu pembebtukan karakter tunas tunas bangsa yang mencintai tanah airnya dengan rasa ,asa dan karsa , pembentukan tunas muda disamping pelajaran formal yang mengasah otak kiri dan pramuka sebagai bagian dari mefungsingkan memaksimalkan kinerja otak kanan.
    Sehingga kami yang pernah mengikuti Pramuka di sekolah menjadi anak”yang utuh dalam bertindak dan bertingkah laku.
    Saya Rasa anda Yang terhormat Bpk Nadiem mungkin tidak pernah mengikuti kegiatan utuh dalam kepramukaan .
    Saya dan anak ” saya terbentuk karaktter dan kepribadian CINTA TANAH AIR dari Pramuka .
    Pramuka membentuk anak” sya mempunyai jiwa yang tangguh..
    Pramuka membentuk anak ” dan pastinya semua orang tua yang memiliki anak akan mempunyai penilaian yang sama akan Pramuka.
    ” KAMI PRAMUKA INDONESIA ,MANUSIA PANCASILA , DASA KUDHARMAKAN ,DHARMA KUBAKTIKAN ,AGAR JAYA INDONESIA,INDONESIA TANAH AIRKU ,KAMI JADI PANDUMJ.
    Saya berani pastikan bahwa yang terhormat Bpk Nadiem tidak tahu HI
    MNE PRAMUKA tersebut dan pastinya juga tidak membaca perihal perjalanan sejarah Pramuka yang dulunya bernama organisasi kepanduan. Mengapa dan kenapa menjadi sebuah ekstrakulikuler yg di wajibkan di sekolah .
    Kalaupun saat ini di masa kepemimpinan anda ,
    Anda berhasil membuat peraturan bodoh yang mengeluarkan Pramukaa sebagai ektrakulikurel wajib di sekolah , saya yiakin nantinya akan ada peganti anda yang akan mencabut keputusan bodoh yang sudah anda buat.