Ikatan Batak Indonesia Raya (Ibara) Dukung Anies-Sandiaga

Eramuslim.com – Komunitas masyarakat yang mengatasnamakan orang-orang Batak yang tergabung dalam Ikatan Batak Indonesia Raya (Ibara) mendeklarasikan diri untuk mendukung pasangan calon nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada 2017 DKI Jakarta di putaran kedua ini.

Dukungan ini sekaligus sebagai bantahan, bahwa tidak benar jika orang-orang Batak seratus persen mendukung pasangan nomor urut dua, Ahok-Djarot.

“Selama ini, isu yang berkembang seolah-olah orang Batak itu harga mati memilih paslon nomor dua. Itu tak benar, kita yang di sini bersatu untuk mendukung Anies-Sandi,” kata Ketua Umum Ibara, David Pakpahan, dalam deklarasi dukungan di GOR Jakarta Timur, Minggu (2/4).

Selama ini, kata dia, orang-orang Batak selalu diklaim sebagai pendukung paslon nomor urut dua. Padahal itu tidak benar. Menurutnya, selama ini pasangan nomor dua dan pendukungnya kerap membawa nama-nama Batak dan isu-isu SARA untuk memenangkan pihaknya.

“Padahal hal itu hanya akan membuat Jakarta dan Indonesia ini akan terkotak-kotak. Kita tak ingin seperti itu. Karena Jakarta tak boleh dikotak-kotakan demi kepentingan politik. Dan kita dukung Paslon tiga karena mereka menjunjung nasionalisme dan toleransi. Dan itu sama dengan visi-misi kami,” papar dia.

David menyebut, dengan dukungan ini kita berharap paslon 3 ini akan menang. Karena kemenangan Anies-Sandi adalah kemenangan kaum nasionalis.

“Kita mendukung Anies-Sandi. Dan secara terhormat kita dukung ini demi kemajuan bangsa dan negara,” tandasnya.

Dalam deklarasi ini, sekitar ratusan masyarakat Batak yang tinggal di Jakarta memadati anera GOR. Tampak yang hadir Pengurus DPP Partai Gerindra yang juga Ketua Komisi VII DPR, Gus Irawan Pasaribu.(jk/akt)