Jokowi Disorot Pengamat Asing, Bakal Lengser Sebelum 2024, Simak

eramuslim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat sorotan tajam dari pengamat politik dalam negeri bahkan luar negeri terkait prediksi kepemimpinannya yang lengser sebelum 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Anak Bangsa (LKAB) Rudi S Kamri mengatakan sorotan dari pengamat asing itu dipicu isu penundaan pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Menurutnya, Jokowi menjadi korban dari para pengikutnya yang mengincar kekuasaan lebih.

“Presiden Jokowi dijerumuskan orang terdekatnya. Ini yang menjadi keyakinan para pengamat soal Presiden Jokowi akan lengser sebelum 2024,” ujar Rudi kepada GenPI.co, Jumat (8/4).

Rudi khawatir Jokowi terus menjadi tumbal dari para oknum menteri yang tidak bertanggung jawab usai memunculkan isu tersebut.

Menurut dia, Jokowi seharusnya bisa bersikap tegas menindak kelakuan para menteri yang tidak becus bekerja.

“Ini sudah saarnya Pak Jokowi ambil tindakan untuk reshuffle menteri yang hanya memanfaatkan kekuasaan dan tidak bisa kerja,” katanya.

Selain itu, Rudi menekankan pentingnya membaca isu sebelum mendikte Jokowi.

Sebab, kegaduhan wacana penundaan pemilu 2024 hingga perpanjangan masa jabatan presiden lahir dari para pembantu Jokowi.

“Jadi, saya ingatkan jika wacana itu digulirkan para pembantu Presiden Jokowi. Jadi, mereka yang seharusnya diserang,” ucapnya. [Genpi]