Jokowi Penentu Kabinet Prabowo? Gibran Tegaskan Begini…

eramuslim.com – Gibran Rakabuming Raka menegaskan bukan ayahnya Jokowi yang menjadi penentu kabinet mereka, tapi Prabowo Subianto.

Tapi Gibran Rakabuming Raka mengakui Jokowi akan dimintai masukannya soal susunan kabinet menteri tersebut.

Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka menegaskan dalam menentukan siapa saja yang masuk kabinet atau menteri mereka ada di tangan Prabowo Subianto.

“Pak Prabowo yang akan menentukan ya,” tegas Gibran saat ditemui dalam acara buka puasa bersama Prabowo-Gibran di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Ditanya apakah Jokowi yang juga ayahnya itu bakal dimintai pertimbangan dalam menentukan sosok yang akan masuk dalam kabinet.

Gibran menuturkan Jokowi akan dimintai masukannya, namun yang menjadi penentu adalah Prabowo Subianto.

“Ya mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo ya,” katanya.

Ia menambahkan pasti akan diajak berdiskusi dengan Prabowo terkait siapa saja yang menjadi menteri di kabinet mereka.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo disebut sedang rebutan pengaruh pada penentuan susunan kabinet Prabowo-Gibran. Notabene Gibran ini adalah anak sulung Jokowi.

Pengamat politik menganalisa, ada upaya perebutan pengaruh antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto menilai, Jokowi tidak akan berani mencopot Prabowo dari jabatan Menhan.

“De facto, Prabowo berstatus presiden terpilih dengan jabatan Menhan dalam kabinet saat ini. Sedangkan De jure sampai dengan 20 Oktober 2024, Joko Widodo masih berstatus Presiden. Situasi menuju pemerintahan transisi sampai bulan Oktober, Jokowi dan Prabowo saling rebutan pengaruh dan menjaga koalisi masing-masing,” kata Hari Purwanto, Sabtu (23/3).

Diketahui, bila tidak ada halangan, Prabowo-Gibran akan dilantik dan resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden RI pada Oktober 2024.

“Jokowi tidak akan berani mengganti Menhan di ujung kekuasaannya,” tegas Hari.

Hari berharap, jangan sampai pembentukan kabinet diikuti oleh cawe-cawe pemimpin sebelumnya. Dengan kata lain, apapun keputusan Prabowo dalam membentuk kabinet tidak dilatari oleh dorongan atau arahan Jokowi yang merupakan ayah dari Gibran Rakabuming Raka ini.

 

(Sumber: Pojoksatu)

Beri Komentar