Kepala Otorita Klaim Universitas Standford akan Bangun Kampus di IKN, GM: AS Bilang Itu Tidak Benar, Memalukan!

eramuslim.com – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, mengklaim bahwa Stanford University, Amerika Serikat akan membangun kampus di Ibu Kota Nusantara atau IKN. Dia menyebut, kampus tersebut akan berfokus untuk membangun riset lebih dahulu di IKN.

Pernyataan itu pun menuai banyak sorotan. Salah satunya dari sastrawan Goenawan Mohamad.

“Dikabarkan Universitas Standford yang terkenal itu akan membangun kampus di Ibukota baru (IKN),” tulis Goenawan Mohamad pada akun @gm_gm di aplikasi X (twitter), dikutip Minggu (10/3/2024).

Goenawan menambahkan, Kepala Otorita yg mempersiapkan IKN, Bambang Susantono, bilang Mei 2024 ini Standford akan mulai membangunnya — bahkan dikatakan akan ada 8 universitas lain yang menyusul.

“Dari kalangan pendidikan AS saya diberitahu, berita itu TIDAK benar,” tegasnya

“Memalukan sebenarnya, jika klaim dari Otorita IKN terbukti omong kosong. Tapi mungkin Mas Bambang harus ikut tergopoh-gopoh dgn proyek raksasa ini….,” kritik pria yang telah meraih banyak penghargaan di bidang literasi ini.

Sebelumnya, Bambang Soesanto menyampaikan bahwa pihaknya bekerja sama dengan sekolah internasional ternama yakni Stanford University. “Mudah-mudahan nanti pada Mei mereka mulai membangun kampus,” ujar Kepala Bambang Susantono dalam seminar daring yang dipantau di Jakarta, Jumat (8/3), seperti dikutip dari Antara.

Bambang menambahkan bahwa Stanford University mulai membangun kampus untuk riset terlebih dahulu di IKN.

 

Ia percaya diri kehadiran Stanford University di IKN ini nantinya menciptakan efek bola salju.

Sementara itu Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi mencatat selain Stanford terdapat 7-8 kampus internasional yang akan berinvestasi di IKN.

Mereka antara lain; Universitas Leiden, Delft, Rotterdam dari Belanda. Namun belum jelas kapan mereka akan masuk ke IKN. (sumber: fajar)

Beri Komentar