Ketua Umum GP Ansor: Tak Benar Banser Suka Bubarkan Pengajian

eramuslim.com – Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor, Addin Jauharudin, menekankan, organisasi sayap Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser), tidak pernah membubarkan pengajian manapun.

Addin menjelaskan, Banser itu adalah sayap pasukannya Ansor. Jadi kalau Banser bertindak, itu pasti sepengetahuan para pemimpin Ansor.

“Harus kita garis bawahi, bahwa tidak benar yang dibilang bahwa banser misalnya suka membubarkan pengajian dan segala macam. Yang ada kemudian, kami menjaga masyarakat bagaimana para mubaligh, para dai, itu agar mereka tahu diri dalam bertabligh, menyampaikan ceramah agama,” kata Addin dalam wawancara khusus bersama Akurat.co, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan GP Ansor tidak mau ada pihak yang mengadu domba dalam cara beragama yang sudah sangat beragam di zaman sekarang.

“Di kita ini antara agama dengan budaya sudah menyatu, antara agama dan agama yang lain toleransi nya sangat tinggi sekali. Jangan sampai kemudian ini dirusak oleh para penceramah yang suka mengadu domba atau menjelekkan pola beragama yang sudah selama ini kita yakini bersama,” tuturnya.

“Kalau mereka mau ceramah di kelompok nya masing-masing silakan, tapi ketika di ruang publik, tolong jaga sikap, jaga isi ceramah, karena toleransi di kita ini ngebangun nya berdarah-darah, nah ansor tidak rela kemudian situasi yang sudah kondusif jadi berantem, kemudian antar agama juga jadi berantem, sudah selesai kita ini,” tambah Addin.

Lebih lanjut, ia juga menekankan bahwa GP Ansor sangat mengedepankan keamanan dan harmonisasi di tengah-tengah masyarakat, bukan sebagai pencari kerusuhan.

“Kita perlu melompat lebih jauh lagi, inilah kepentingan besar Ansor, menjaga kondusifitas, menjaga harmoni masyarakat, juga menjadi penggerak dakwah agama yang moderat,” demikian Addin

(Sumber: Akurat)

Beri Komentar