Mantan Danjen Kopassus Pimpin Demo Protes Pemilu Curang: Rakyat Merasa Ditipu oleh Pemerintah

 

Eks Danjen Kopassus Soenarko

eramuslim.com – Ribuan massa diperkirakan akan hadir dalam aksi unjuk rasa atau demonstrasi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini, Senin (18/3/2024).

Demo terkait dugaan kecurangan pemilihan umum atau Pemilu 2024 akan dipimpin langsung mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Mayor Jenderal (purnawirawan) Soenarko.

Soenarko mengatakan dirinya gerah melihat dugaan kecurangan Pemilu 2024 yang terjadi.

“Rakyat dan termasuk saya di dalamnya merasa ditipu oleh pemerintah dalam pemilu ini,” kata Soenarko, dikutip dari Tempo.

Soenarko membeberkan, salah satu kecurangan itu terjadi di KPU. Menurut dia, KPU dikendalikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“KPU itu kembali ke Jokowi juga, kan. KPU itu operator,” tutur dia.

Dia mencontohkan, terjadi perbedaan angka penghitungan suara sementara pada Sirekap.

Menurut dia, kecurangan Pemilu 2024 ini tampak jelas terlihat saat Sirekap menampilkan angka penghitungan suara. Jumlah suara tiga pasangan ditampilkan dengan angka yang berbeda sangat signifikan.

Kecurangan lain, dia mengatakan, diterangkan dalam film Dirty Vote. “Ya, seperti itu kecurangan di buat dan tidak ada keterbukaan,” tutur dia.

Dia menjelaskan, kecurangan dan pelanggaran dalam pemilihan umum terjadi sangat kasat mata. “Rakyat ini dianggap apa,” tutur Soenarko.

Menurut dia, rakyat ini pemilik kedaluatan negeri ini. “Rakyat ini dianggap apa?”

Menurut dia, mereka yang diangkat oleh eksekutif dan legislatif, harus menjalankan amanat yang diberikan oleh rakyat. Apa yang diamanatkan itu sudah diatur dalam konstitusi.

Soenarko menjelaskan, aksi itu akan menghadirkan ribuan massa. Dia tidak merincikan angka yang tepat soal jumlah massa akan berdemo di depan gedung KPU. (sumber: fajar)

Beri Komentar