Nasdem Tak Diundang di Acara Silaturahmi Parpol, Gus Choi: No Problem, Biasa Saja

Kecuali PDIP dan Nasdem, Ketum Partai Pemerintah Kumpul Bareng Jokowi di PAN

eramuslim.com – Partai NasDem menyatakan bahwa mereka tidak keberatan tidak diundang ke acara Silaturahmi Ramadan bersama Presiden Jokowi dan ketua umum partai di koalisi pemerintah yang diadakan di kantor DPP PAN pada Minggu (2/4/2023) siang.

Ketua DPP NasDem, Effendi Choirie yang akrab disapa Gus Choi, menganggap bahwa tidak diundangnya NasDem adalah hal yang biasa.

“No problem… biasa saja,” kata Gus Choi melalui pesan instan, Minggu, (1/4/2023).

Gus Choi mengatakan, banyak pilihan dalam hidup termasuk dalam memilih kawan.

“Dalam hidup banyak pilihan. Termasuk memilih teman atau milih koalisi,” katanya.

Kendati tidak diundang pada silaturahmi Ramadan, NasDem yang tercatat masih di dalam pemerintagah memandang semua merupakan saudara.

“Meski demikian, bagi NasDem semua adalah saudara sebangsa dan setanah air. Tetap harus saling menghormati dan menghargai,” ujarnya.

Partai Amanat Nasional atau PAN menggelar silaturahmi Ramadhan antara ketua umum partai politik di koalisi pemerintahan. Tetapi dalam acara yang digelar Minggu siang, PAN tidak mengundang NasDem.

Perihal tidak mengundang NasDem, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan ada pertimhangan tersendiri. Tetapi dia tidak menjabarkan detail alasan tidak mengundang Ketum NasDem Surya Paloh.

“Alasannya, alasannya mungkin teman-teman sudah tahu kali ya,” kata Yandri.

Ditanya lebih lanjut mengapa NasDem tidak diundang padahal tercatat masih ada di dalam koalisi pemerintahan, Yandri menyinggung soal restu Presiden Jokowi. Diketahui acara silaturahmi Ramadhan di kantor DPP PAN turut mengundang orang nomor satu di Republik Indonesia.

“Ya, nggak tahu. Pertimbangannya itu kan ini pertemuan yang dirancang oleh beberapa ketum parpol tentu atas restu Pak Presiden kan, itu yang diundang

Yandri memastikan ketua umum partai politik koalisi pemerintah hadir.

“Insyaallah akan dihadiri Pak Jokowi. Tentu Ketum PAN Bang Zul, Ketum Gerindra, Ketum PKB, Ketum Golkar, Ketum PPP,” kata Yandri.

Adapun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak hadir.

“Karena Bu Mega ada di Jepang atau lagi di luar negeri, nggak tahu,” ujar Yandri.

Jokowi Hadir

Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi tiba di kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN). Kehadiran Jokowi itu dalam rangka menghadiri Silaturahmi Ramadhan yang sekaligus dihadiri sejumlah ketua umum partai koalisi di pemerintahan.

Pantauan di lokasi, Jokowi tiba pukul 11.28 WIB. Kedatangan Jokowi itu disambut langsung jajaran elite PAN, mulai dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum PAN Yandri Susanto, dan Ketua Majelis Penasihat Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa.

Adapun Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang disertai peci hitam. Sementara Zulhas dan jajaran petinggi PAN mengenakan pakaian biru.

Sementara itu, dari pantauan sejumlah ketua umum parpol sudah hadir lebih dulu. Mulai dari Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato.

Sesampainya di kantor DPP PAN, Jokowi dan para ketum parpol langsung menuju ruangan yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan salat zuhur berjemaah. Adapun Jokowi duduk di tengah-tengah antara Cak Imin, Prabowo, Zulhas, Airlangga, dan Mardiono.

 

(Sumber: Suara)

Beri Komentar