Ngaku Jadi Capres dengan Aset Terkecil, Berapa Kekayaan Anies Baswedan?

Ngaku Jadi Capres dengan Aset Terkecil, Berapa Kekayaan Anies Baswedan?

Eramuslim.com – Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengaku menjadi capres dengan aset paling sedikit. Hal tersebut dinyatakan Anies saat ditanya soal pembiayaan kampanye dalam Mata Najwa di Universitas Gadjah Mada, Selasa (19/9/2023).

“Ya dari semua barangkali saya asetnya yang paling kecil saya tidak mendaftar [jadi capres] saya diajukan Partai Nasdem yang dulu beropisisi di Jakarta habis itu PKS, Demokrat meski sekarang di tempat lain kemudian PKB,” ujar Anies Baswedan.

“Jadi gerakan yang kami dorong gerakan perubahan dilakukan ramai-ramai begitu banyak yang membantu,” imbuhnya.

Anies menyebutkan bahwa banyak bantuan dari para relawannya bukan soal bantuan rupiah namun pinjaman seperti pinjaman rumah, kendaraan, hingga gaji dari prusahaan.

“Sebetulnya membantunnya kami dipinjami rumah, dipinjami kendaraan, stafnya dibayar perusahaan yang bantu kita jadi secara pembicayaan bukan rupiah,” kata Anies.

“Kita tidak berencana mengumpulkan uang semua melakukan fundraising di tempat masing-masing tuan rumah sana yang meng-handle,” tandasnya.

Berbicara soal aset, Najwa kemudian memperlihatkan jumlah kekayaan Anies Baswedan menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang menjadapi kurang lebih Rp 11 miliar.

Lalu berapa kekayaan Anies sebenarnya?

Pada data e-lhkpn per 9 Februari 2023, harta kekayaan Anies Baswedan mencapai Rp 11,19 miliar sepanjang 2022. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tercatat memiliki aset berupa 5 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di kawasan Jakarta Selatan hingga Ponorogo dengan nilai Rp 14,67 miliar.

Anie juga memiliki dua mobil dan satu sepeda motor senilai Rp 550 juta. Harta bergerak Anies lainnya mencapai Rp1,39 miliar.

Sementara itu harta berbentuk surat berharga mencapai Rp 61,1 juta dan kas setara kas sebesar Rp1,40 miliar.

Sumber: suara

Beri Komentar