Minta Kejagung Periksa Pejabat “Tour Guide” Elon Musk, Kang Tamil: ‘Tidak Ada Makan Siang Gratis’

Kejagung Diminta Periksa Pejabat "Tour Guide" Elon Musk

Sejumlah elite Pemerintahan Indonesia berswafoto dengan CEO SpaceX, Elon Musk/Net

eramuslim.com – Kejaksaan Agung diminta segera memeriksa para pejabat Indonesia yang menjadi “tour guide” CEO SpaceX, Elon Musk, saat berkunjung ke Bali, beberapa waktu lalu.

Komunikolog politik dan hukum nasional, Tamil Selvan alias Kang Tamil, mengatakan, sejak awal dia sangat kecewa melihat para pejabat Indonesia dengan senangnya membawa Starlink ke Indonesia, seolah-olah prestasi.

“Sebab mekanisme perlindungan data dalam negeri saja belum diurus dengan becus, malah membawa produk di luar yurisdiksi Indonesia. Sama saja pejabat-pejabat itu menyediakan big data untuk diambil gratis oleh Elon Musk,” kata Kang Tamil, Rabu (5/6).

Akademisi Universitas Dian Nusantara itu meyakini, Starlink akan mengambil big data seluruh masyarakat, dan lebih dari itu, akses internet merupakan tatanan ketahanan negara, sebab semua komunikasi, termasuk rahasia negara, semua melalui jalur internet. Artinya, cepat atau lambat Elon Musk akan tahu rahasia Indonesia.

“Saya mendorong agar Kejaksaan bisa segera memeriksa para pejabat yang menjadi tour guide Elon Musk kemarin, karena saya yakin, tidak ada makan siang gratis,” tegas Kang Tamil.

Menurutnya, Starlink juga tidak boleh menjadi anak emas. Seluruh perizinan dan mekanisme yang harus dimiliki perusahaan internet lainnya, juga harus dimiliki Starlink.

“Dan yang jadi pertanyaan, apa keuntungan Indonesia secara konkret sebagai negara yang menyediakan market terbesar ke-4 di dunia kepada Elon Musk? Maka, sekali lagi, periksa pejabat-pejabat itu, sebab tidak ada makan siang gratis,” tandasnya. (sumber: RMOL)

Beri Komentar

2 komentar

  1. Apa hebatnya Elon musk? Sampai presiden dan semua menteri mundak munduk sama dia… Indonesia kekayaannya jauh diatas Elon musk… Elon musk memang membuat revolusi sistem telekomunikasi dengan menaruh bts diluar angkasa dengan ribuan satelit leo…. Dengan banyak keunggulan,…. Indonesia dengan kekayaan besar dengan tenaga ahli yg banyak secara teori jga bisa membuatnya… Elon musk seorang visioner dengan sistem telekomunikasi satelit leo, yg ribuan… Makanya dia punya tempat peluncuran roket sendiri… Untuk keperluan tsb… Mobil listrik nya sdh mau keok dgn cina…. Elon musk tau kedepan sistem otonom dan robot memerlukan kecepatan internet tinggi dan menghilangkan blankspot di bumi dimanapun…. Tapi pejabat kita gak perlu sampai tergila2 dengan Elon musk…. Indonesia negara kaya… Cukup ketua kadin atau dirut telkom yg ketemu Elon musk… Untuk urusan bisnis aja

    1. Maklumlah walaupun mereka adalah pejabat-pejabat negara, tapi tetap aja mentalitas orang jajahannya msh kental, makanya nggak heran klu mereka sampai nunduk-nunduk dan sekaligus terkagum-kagum sama si Melon