Cak Nun: Pokoknya Islam Harus Salah!

Kalau Sam Bimbo menyanyikan lagu puji-puji atas Rasul dengan mengambil nada Espanyola, itu primordial namanya. Kalau Gipsy King mentransfer kasidah “Yarim Wadi-sakib…”, itu universal namanya. Bahasa jelasnya begini: apa saja, kalau menonjol Islamnya, pasti primordial, tidak universal, bodoh, ketinggalan jaman, tidak memenuhi kualitas estetik dan tidak bisa masuk jamaah peradaban dunia.

Itulah matahari baru yang kini masih semburat. Tetapi kegelapan yang ditimpakan oleh peradaban yang fasiq dan penuh dhonn (prasangka buruk) kepada Islam, telah terakumulasi sedemikian parahnya. Perlakuan-perlakuan curang atas Islam telah mengendap gumpalan rasa perih di kalbu jutaan ummat Islam. Kecurangan atas Islam dan Kaum Muslimin itu bahkan diselenggarakan sendiri oleh kaum Muslimin yang mau tidak mau terjerat menjadi bagian dan pelaku dari mekanisme sistem peradaban yang dominan dan tak ada kompetitornya.

“Al-Islamu mahjubun bil-muslimin”, Cahaya Islam ditutupi dan digelapkan oleh orang Islam sendiri.

***

[Di luaran sana Islam minoritas di mayoritas non muslim dikerdilkan, diserang, dan tidak dianggap tapi kalau non muslim hidup di mayoritas muslim tidak pernah ada pengusiran, tidak diperangi kayak kejadian di Rohingya, tetep damai, jadi kalian yang jadi minoritas di mayoritas Islam sadarlah. Inilah salah satu bukti toleransi kami sebagai muslim ke minoritas, sayangnya hanya sedikit minoritas yang faham hal ini. Bahkan di negeri RI ini di bagian wilayah dimana Islam disitu minoritas masih memprihatinkan]

[Emha Ainun Nadjib]