Hersubeno Arief: Efektif Gerus Elektabilitas Jokowi-Maruf, Sandi Akan Disingkirkan?

Sandi membuat Jokowi yang sering bergaya bak milenial, mati gaya. Tampilannya terkesan dipaksakan. Berbeda dengan Sandi yang lebih natural dan original. Seorang Habib terkenal di Jakarta menggambarkan dalam satu kalimat. “Prabowo-Sandi adalah politik apa adanya. Jokowi-Ma’ruf, politik ada apanya.” Banyak polesannya.

Erick Thohir mengakui Sandi menjadi faktor naiknya elektabilitas Prabowo. “Kalau Pak Prabowo menyumbang 20% suara, Sandi setidaknya menyumbang 10%,” ujar Erick.

 

Mulai tampil menyerang

Menghadapi elektabilitas yang mendekati lampu merah dan tak mau disalahkan, tim sukses memutuskan tampil untuk menyerang. “Sudah waktu kita offensif sekarang,” tegas Erick sahabat lama Sandi.

Irma Suryani Chaniago, salah satu juru bicara TKN mengaku akan mengkapitalisasi masa lalu Prabowo-Sandi. “Kita sudah nggak mau diam lagi, kita nggak mau lagi mengalah, kita nggak mau lagi ngerasa selalu harus santun.”

Apa yang dimaksud menyerang dan apa bentuknya mengkapitalisasi masa lalu lawan, tak dijelaskan secara spesifik. Nampaknya masalah personal kandidat yang menjadi sasaran utama.

Prabowo kembali diserang dengan isu pelanggaran HAM, dan juga soal pemahaman ke-Islamannya. Untuk sisi ini pelakunya tidak tanggung-tanggung. Semua figur top turun tangan. Mulai dari Yusril, sampai La Nyalla Mattalitti. Video lama Mahfud MD juga di-repackage dan disebar di medsos.

Namun semua serangan terhadap Prabowo itu tampaknya sudah tidak lagi mempan. Ada tanda-tanda mereka akan menjadikan Sandi sebagai sasaran utama. Sebagai senjata rahasia dan predator yang efektif, Sandi harus dilumpuhkan.

Politisi Nasdem T Taufiquhadi menyatakan akan ada cawapres yang dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus kejahatan korporasi. Yang dimaksud Taufiq, adalah Sandi. KPK sejak lama membidik perusahaan milik mantan politisi M Nazaruddin PT Duta Graha Indah (DGI). Di perusahaan itu Sandi pernah tercatat menjadi komisaris. Namun Sandi tidak aktif. Posisi komisaris karena dia menjadi salah satu investor.

Selain itu kemungkinan besar Sandi juga akan kembali diserang dengan isu skandal pribadinya. Sebelumnya sempat muncul web www.SkandalSandiaga.com yang berisi cerita-cerita skandal Sandi dengan sejumlah wanita. Namun web tersebut telah ditutup oleh Kominfo.

Tidak menutup kemungkinan pola semacam itu akan muncul kembali, namun dengan versi yang lebih meyakinkan. Misalnya akan muncul sejumlah pengakuan dari wanita-wanita yang “pernah” punya hubungan gelap dengan Sandi.

Melihat aktivitas Sandi di lapangan, jelas sangat mengkhawatirkan. Dalam tiga bulan terakhir Sandi terus berkeliling Indonesia. Sejauh ini sudah lebih dari 800 titik yang berhasil dikunjungi di Jawa dan luar Jawa.

Kegiatannya sangat padat. Dimulai sejak pagi hari, hingga malam hari. Di berbagai kota yang dikunjunginya Sandi selalu memulai hari dengan lari minimal sejauh 10 Km. Tidak banyak tenaga pengawal dari kepolisian yang bisa mengimbangi aktivitas fisiknya.

Setelah itu dia melakukan berbagai pertemuan, mulai dengan komunitas emak-emak yang jadi andalannya, para petani, nelayan, pondok pesantren, kalangan pengusaha pemula, dan kaum milenial.