Masih Soal Uighur: Separah-parahnya Amerika, Masih Ada Kontrol. Kalau China?

Eramuslim.com – Perhatian internasional terhadap penindasan, penyiksaan, dan persekusi warga muslim Uigur semakin membesar. Beijing resah. Kebocoran dokumen pemerintah komunis yang berisi panduan dalam “mendidik” Uigur membuat rezim RRC panik.

Sekarang ini, mesin propaganda RRC bekerja keras untuk menggambarkan kepada dunia Islam bahwa China lebih baik dari Barat. Di Jakarta, Duta Besar RRC untuk Indonesia, Xiao Qian, mengatakan belum lama ini bahwa RRC adalah sahabat sejati dunia Islam. Bahkan, RRC mengundang NU, Muhammadiyah dan MUI untuk melihat langsung situasi di Xinjiang.

Dubes Xiao menonjok Amerika Serikat (AS). Dikatakannya, AS selalu berseberangan dengan umat Islam dalam hal Palestina. Washington pasti akan membela Israel. Selain itu, Amerika disebutnya sebagai kekuatan yang menimbulkan kehancuran di Suriah, Libia, Afghanistan, dll.

Tentang kelakuan Amerika, Dubes Xiao benar sekali. Negara adisombong ini tidak akan pernah menyalahkan Israel. Sebaliknya, akan selalu melindungi negara Zionis yang brutal terhadap rakyat Palestina itu. Ini bukan cerita baru. AS akan bersikap dan bertindak sesuka hati demi Israel.