Prabowo dan Sosok Jon Snow di Serial Game of Thrones

Jon Snow lah yang mengetahui dengan pasti akan ancaman luar Westeros, yaitu jutaan prajurit zombie “White Walker” yang siap menyerang Westeros. Tinggal menunggu musim dingin tiba, dan itu tidak berapa lama lagi.

Jon Snow mengingatkan para penguasa di Westeros, tapi mereka sulit percaya. Bahkan penguasa Westeros yang sedang memegang tahta, Cersei Lannister masih  bersiasat bagaimana supaya klan-klan lainnya dimusnahkan oleh pasukan White Walker.

Berkaca pada dunia politik di tanah air,

Di antara dua capres yang akan berlaga di Pilpres 2019, sosok Prabowo adalah tokoh yang selalu berpidato tentang ancaman asing terhadap Indonesia. Dalam retorika-retorikanya Prabowo seringkali mengingatkan agar bangsa Indonesia jangan menjadi budak /kacung asing dan aseng.

Yang jelas, sosok Jokowi bukanlah karakter Jon Snow dalam serial Game of Thrones. Jokowi jelas adalah penguasa /petahana. Sedangkan Prabowo adalah calon pemimpin masa depan yang selalu mengingatkan kita akan bahaya asing dan aseng.

Meminjam istilah peristiwa pembantaian klan Lannister terhadap klan Stark (tempat Jon Snow dibesarkan):

“The North Remember”, wilayah utara akan selalu mengingat apa yang telah kalian lakukan.

Semangat itulah yang membahana dalam diri Jon Snow untuk membalas perbuatan klan Lannister, akan tetapi lebih dari itu, ia lebih ksatria lagi akan ancaman dari luar Westeros yang siap memusnahkan Seven Kingdom. Prajurit Night Watch inilah sang penyelamat dan pewaris sah dari Seven Kingdom

“Selamatkan Indonesia”, demikian jargon kampanye Prabowo selama ini, mantan prajurit Kopassus itu.

*) Penulis:Abdul Hamdi Mustafa, pegiat media online, fans Game of Thrones