Pasukan Israel membunuh tiga warga Palestina dalam baku tembak di Tepi Barat

An Israeli soldier stands guard during an operation near the Jit junction west of Nablus in the occupied West Bank on 12 March 2023 (AFP)

Eramuslim.com – Pasukan Israel menewaskan tiga warga Palestina dalam baku tembak di dekat kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki pada Minggu pagi.

Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi mereka sebagai Jihad Mohammad al-Shami (24), Odai Othman al-Shami (22), dan Mohamed Raed Dbeik (18).

Kelompok bersenjata Lions Den yang berbasis di Nablus mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ketiganya sedang menyiapkan penyergapan untuk pasukan Israel di kota Sarra, barat daya kota.

Selama di sana, mereka melihat tentara dari unit infanteri Brigade Golani elit dan baku tembak dengan mereka.

Ketiganya tewas dalam baku tembak, dan orang keempat yang dilaporkan bersama mereka ditangkap.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Golani ditempatkan di daerah itu untuk “aktivitas proaktif” ketika mereka diserang dan membalas tembakan. Tidak ada korban dari pihak Israel, tambah militer.

Mobil dan jenazah ketiga pria itu ditahan oleh tentara Israel, menurut media Palestina.

Ketegangan tinggi di Israel dan Palestina dalam beberapa bulan terakhir karena serangan Israel di Tepi Barat meningkat dan perlawanan Palestina tumbuh.

Baku tembak hari Minggu membuat jumlah korban tewas warga Palestina yang dibunuh oleh Israel tahun ini menjadi sedikitnya 81, termasuk 15 anak-anak, yang setara dengan tingkat hampir satu pembunuhan setiap hari.

Ini adalah awal tahun paling berdarah sejak tahun 2000, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Pada hari Jumat, dua warga Palestina tewas dalam insiden terpisah di Qalqilya, sebelah barat Nablus, satu ditembak mati oleh seorang pemukim dan yang lainnya, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun, dibunuh oleh seorang tentara.

Seorang pria Palestina dari Tepi Barat melepaskan tembakan sehari sebelumnya di jalan Tel Aviv yang sibuk dan melukai tiga orang, dua di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Palestina telah membunuh setidaknya 13 orang Israel tahun ini.

Ketakutan tumbuh menjelang April, ketika Paskah, Paskah, dan Ramadhan semuanya tumpang tindih, sehingga pecahnya kekerasan yang lebih luas dapat berkobar.

Direktur CIA William Burns baru-baru ini mengatakan ketegangan saat ini memiliki “kemiripan yang tidak menyenangkan” dengan Intifadah Kedua, merujuk pada sekitar lima tahun konflik yang meningkat sejak awal abad ini.

[sumber: middle east eye]