Walaupun Dihalang-halangi Israel, Ribuah Jamaah Padati Al Aqsa untuk Salat Isya dan Tarawih

eramuslim.com – Kekuatan iman warga Palestina memang luar biasa, meski dihalang-halangi oleh polisi dan tentara Israel namun mereka tetap datang ke Masjid Al Aqsa.

Dihalang-halangi oleh Israel, jumlah jamaah salat Tarawih di Masjid Al Aqsa tidak berkurang. Terlihat saat Salah Isya dan Tarawih pada Minggu (17/3/2024), jamaah tampak membludak.

Berbagai hambatan diciptakan oleh polisi Israel dengan menerapkan sejumlah aturan. Termasuk aturan yang datang harus dari kalangan orang-orang tua yang berusia lanjut dan anak-anak tidak bisa diterapkan di lapangan.

Nyatanya, ribuan orang jamaah Salat Tarawih tampak memadati kompleks masjid Al Aqsa.

Video ribuan warga Palestina Salat Tarawih di Masjid Al Aqsa viral. Termasuk yang diunggah di akun Instagram TRT World.

“Ribuan warga Palestina berhasil memasuki Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki, meskipun ada pembatasan Israel, dan melaksanakan shalat isya dan tarawih,” tulis akun tersebut.

Bukan hanya di dalam masjid, tetapi di halaman masjid Kompleks Al Aqsa penuh dengan jamaah Salat Tarawih.

Pemandangan ini memicu reaksi takjub banyak netizen di seluruh dunia.

Termasuk jamaah dari Indonesia. Mereka memuji warga Palestina, yang meskipun ditekan dan dihalang-halangi untuk masuk Masjid Al Aqsa tapi tak menyurutkan tekad mereka untuk beribadah dan Salat berjamaah.

“Rasanya tertampar ketika kita melihat orang-orang palestina yang tetap menunaikan shalat padahal negaranya sedang dilanda perang, sedangkan kita yang diberi keridhaan Allah di negara yang damai, banyak masjid di sekitar kita dan ketenangan hati untuk menunaikan ibadah dan kita masih malas untuk pergi ke sana. Masjid untuk salat, bahkan lebih sedih lagi jika kita tidak salat sama sekali. Semoga kita semua selalu mendapat hidayah Allah dan saudara-saudara kita di Palestina mendapatkan kemerdekaannya” tulis salah seorang netizen.

“Inilah umat pilihan Tuhan” tulis yang lainnya.

“Iman terkuat yang pernah saya saksikan!” tulis netizen yang lainnya lagi.

“Damai sejahtera bagi seluruh umat Islam di masa-masa bersejarah ini, di mana iman mereka kepada Tuhan benar-benar sedang diuji” tulis lainnya.

“Masa depan seluruh umat bergantung pada masyarakat Syam sebagaimana sabda Nabi SAW, ā€œJika umat Syam rusak, maka tidak ada kebaikan di antara kamu (ummat)ā€ tulis yang lainnya lagi.

Israel Ciptakan Berbagai Hambatan

Beberapa hari sebelumnya, Masjid Al-Aqsa dikepung polisi Israel pada Jumat pertama Ramadan.

Kekhawatiran semakin meningkat atas potensi gejolak menyusul seruan Hamas untuk melakukan mobilisasi massa menuju tempat suci tersebut.

Pasukan Israel melarang ribuan warga Palestina salat di Masjid Al-Aqsa pada 15 Maret, Jumat pertama bulan suci Ramadan.

Tel Aviv memperkuat kehadiran polisi dalam jumlah besar di seluruh wilayah pendudukan Yerusalem pada hari Jumat menyusul seruan Hamas agar seluruh warga Palestina membela Al-Aqsa dari penodaan Israel.

Akibatnya, Israel bersiap menghadapi potensi pecahnya kekerasan di kota suci yang diduduki pada hari Jumat.

Saksi mata melaporkan ā€œpengerahan pasukan Israel dalam jumlah besar di sekitar pos pemeriksaan Qalandiya di utara Yerusalem, pos pemeriksaan Zeitoun di timur, dan Betlehem di selatan. Ribuan jamaah sempat ditolak aksesnya ke kota dengan dalih tidak memiliki izin yang diperlukan,ā€ menurut kantor berita WAFA.

Outlet tersebut juga melaporkan penempatan ribuan petugas Israel di gang-gang Kota Tua Yerusalem, Masjid Al-Aqsa, dan gerbangnya ā€“ yang bertujuan untuk membatasi masuknya jamaah.

Gerakan perlawanan Palestina Hamas pada Kamis malam menyerukan kepada seluruh warga Palestina di Tepi Barat, Yerusalem, dan semua wilayah pendudukan untuk melakukan mobilisasi dalam membela Masjid Al-Aqsa ā€“ yang dikepung dan sering menjadi sasaran serangan tentara dan pemukim.

Hamas menyerukan ā€œmassa rakyat Palestina di seluruh Tepi Barat, Yerusalem, dan daerah-daerah pedalaman yang diduduki untuk melakukan mobilisasi umum ā€¦ menuju Masjidil Haram Al-Aqsa, dan ā€¦ mengasingkan diri di sana, dan mencegah segala upaya pendudukan untuk menodainya. dan memaksakan rencana agresifnya.ā€

Organisasi Wakaf Islam mengatakan puluhan ribu warga Palestina diperkirakan tiba di Masjid Al-Aqsa pada hari Jumat untuk salat magrib.

Tel Aviv hari Senin mengumumkan bahwa akses warga Palestina ke Masjid Al-Aqsa akan dibatasi bagi pria berusia di atas 55 tahun, wanita di atas 50 tahun, dan anak-anak di bawah 10 tahun. Pasukan Israel juga mulai memasang barikade dan kawat berduri di sekitar tempat suci tersebut pada minggu ini.

Jamaah yang menuju masjid dipukuli dan diganggu oleh pasukan Israel pada Jumat pagi.

Tim medis dilarang mencapai area sekitar masjid.

Sejumlah warga Palestina diambil dari halaman dalam tempat suci tersebut pada Kamis malam.

Meskipun ada pembatasan yang dilakukan Israel, ribuan warga Palestina tetap berhasil melaksanakan salat di tempat suci tersebut pada Jumat pagi saat fajar.

Tahun ini, ketakutan Israel atas gejolak konflik semakin besar mengingat perang yang sedang berlangsung di Gaza dan ketegangan regional, yang menyebabkan front lain dari Lebanon, Yaman, dan Irak terbuka melawan Israel.

Pada bulan April 2023, roket menghantam Israel dari Gaza, Suriah, dan Lebanon dalam beberapa hari setelah polisi Israel menyerang secara brutal dan memukuli jamaah di Masjid Al-Aqsa saat Ramadan.

(Sumber: Tribunnews)

Beri Komentar