Pilpres AS: Biden Bakal Hadapi Trump Lagi

eramuslim.com – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memenangkan cukup banyak delegasi untuk menang dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Mengutip Edison Research pada Rabu (13/3), Biden membutuhkan 1.968 delegasi untuk memenangkan nominasi. Saat ini delegasi yang didapatkan Biden sudah mencapai 2.099 ketika hasil pemilihan di Georgia mulai masuk.

Dalam pidato State of the Union yang berlangsung sekitar satu jam, Biden mengecam Trump, serta mengkritiknya atas posisi kebijakan luar negeri di pemerintahan terdahulu.

Biden juga mengecam peran Trump dalam penyerbuan massa ke Gedung Capitol pada 6 Januari 2021, dan kondisi Negeri Paman Sam setelah pandemi Covid-19.

Dia membicarakan soal perlawanan terhadap kampanye kebencian, balas dendam, dan pembalasan Donald Trump yang mengancam gagasan Amerika.

“Apakah kita akan berdiri dan membela demokrasi kita atau membiarkan orang lain meruntuhkannya? Akankah kita mengembalikan hak untuk memilih dan melindungi kebebasan kita atau membiarkan ekstremis merampas kebebasan kita?” ujar Biden, seperti dimuatĀ Reuters.

Pesaingnya, Trump juga meraih nominasi Partai Republik dengan 1.228 delegasi pada Selasa malam (13/2) ketika empat negara bagian mengadakan pemilihan, termasuk Georgia.

Berbicara soal kemenangan Biden dalam meraih nominasi Demokrat, Trump berkata: “Saya berasumsi dia akan menjadi kandidat.”

Kemenangan ini menegaskan apa yang telah diasumsikan sebelumnya, yaitu Biden akan sekali lagi mencalonkan diri sebagai presiden melawan mantan presiden Donald Trump pada 5 November mendatang.

 

(Sumber: RMOL)

Beri Komentar