Simbol Perlawanan Palestina, Keffiyeh Laku Keras di AS

Kafiyeh

Eramuslim.com – Semakin banyak warga Amerika yang mengenakan keffiyeh, syal bermotif khas yang merupakan simbol identitas Palestina, untuk menuntut gencatan senjata atas pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan “Israel” di Gaza, atau untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap perjuangan Palestina.

Syal bermotif khas yang merupakan simbol identitas serta perlawanan Palestina, keffiyeh, semakin digemari oleh warga Amerika.

Mereka menggenakan keffiyeh untuk menunjukkan dukungan terhadap perjuangan Palestina, atau untuk menuntut gencatan senjata atas pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan “Israel” di Gaza

Penjualan keffiyeh melonjak sejak perang brutal Zionis “Israel” dimulai pada bulan Oktober, kata sejumlah penjual keffiyeh di AS. Bahkan ketika keffiyeh disita secara paksa oleh aparat keamanan di beberapa aksi protes dan para pemakainya melaporkan menjadi sasaran pelecehan verbal dan fisik, permintaan malah semakin banyak.

“Itu seperti sebuah saklar lampu. Tiba-tiba saja, ratusan orang mengunjungi situs secara bersamaan dan membeli apa pun yang mereka bisa,” kata Azar Aghayev, distributor AS untuk Hirbawi, perusahaan yang dibuka pada tahun 1961 dan merupakan satu-satunya produsen keffiyeh yang tersisa di Tepi Barat yang diduduki Israel.

“Dalam dua hari, stok yang kami miliki habis, dan bukan hanya habis, tapi juga terjual habis.”

Hirbawi, yang telah mematenkan mereknya, menjual keffiyeh secara internasional melalui situs webnya di Amerika Serikat dan Jerman dan di Amazon. Semua 40 variasi di situs web AS, yang mencakup banyak warna cerah serta warna hitam dan putih tradisional, telah terjual habis, kata Aghayev.

Penjualan unit syal keffiyeh telah meningkat 75 persen dalam 56 hari antara 7 Oktober dan 2 Desember di Amazon.com dibandingkan dengan 56 hari sebelumnya, demikian data dari perusahaan analisis e-commerce Jungle Scout menunjukkan.

Pencarian untuk “syal Palestina untuk wanita” meningkat 159 persen dalam tiga bulan hingga 4 Desember dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya; pencarian untuk “syal militer shemagh,” “keffiyeh palestina” dan “keffiyeh” masing-masing meningkat 333 persen, 75 persen, dan 68 persen.

Keffiyeh, dengan pola jaring ikannya, merupakan hal yang umum di seluruh dunia Arab, dengan akarnya yang berasal dari tahun 3100 SM. Keffiyeh pertama kali digunakan sebagai simbol perlawanan Palestina selama Pemberontakan Arab tahun 1936 melawan kekuasaan Inggris dan kemudian menjadi topi khas pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina, Yasser Arafat.

Meskipun Hirbawi adalah produsen yang paling terkenal, banyak produsen lain termasuk pengrajin kecil dan besar menjual keffiyeh versi mereka sendiri.

Para pendukung Gaza di Amerika Serikat telah dihadapkan pada ancaman dan serangan sejak kampanye militer “Israel” dimulai, di tengah meningkatnya Islamofobia. Antisemitisme juga mengalami peningkatan di tengah perang yang sedang berlangsung.

Hazami Barmada, 38 tahun, seorang mantan pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa yang tinggal di Virginia, mengenakan syal baru-baru ini ketika ia melakukan protes di luar Gedung Putih dan di kawasan Georgetown, Washington, untuk mendukung gencatan senjata di Gaza.

Mengenakan syal tersebut terasa seperti “negara adidaya,” katanya, yang menghubungkannya kembali dengan warisan Palestina dan menawarkan hubungan simbolis dengan anak-anak di Gaza. Namun, ia juga percaya bahwa hal itu juga mengundang pelecehan verbal. “Saya mengambil risiko yang sudah diperhitungkan,” kata Barmada.

(Hidayatullah)

Beri Komentar