free hit counters
 

Sains dalam Alquran, Erosi Mengubah Gunung Jadi Daratan

zahid – Rabu, 14 Rabiul Awwal 1441 H / 13 November 2019 16:46 WIB

Eramuslim – SUNGGUH beruntung umat Islam memiliki kitab suci  Alquran sebagai penuntun hidup menuju akhirat, kehidupan yang abadi. Sebab kajian Alquran mencakup bumi dan langit serta isi-isinya, baik yang terlihat maupun yang tidak.

Bahkan Alquran juga sudah memberi petunjuk tentang ilmu pengetahuan, misalnya seperti erosi mengubah gunung menjadi daratan.

Allah SWT berfirman, “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu”. (Al-Baqarah: 22).

Dan bumi itu telah Kami hamparkan, maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami)”. (Al-Dzariyat: 48).

Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan, supaya kamu menjalani jalan-jalan yang luas di bumi itu“. (Nuh: 19-20)



Ayat ini mengisyaratkan bahwa kulit bumi adalah bagian tipis bumi yang disiapkan Allah sebagai tempat hidup manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Penelitian-penelitian ilmiah kemudian membuktikan firman Allah dalam Alquran tersebut.

Kulit bumi yang sebelumnya berupa bola api telah berubah menjadi lapisan padat dan keras yang memiliki permukaan-permukaan yang tinggi (gunung), rendah (lembah), dan dataran.

Proses erosi (pengikisan) kemudian mengubah permukaan-permukaan yang tinggi tersebut menjadi dataran-dataran rendah, jalan-jalan, dan berbagai macam relief lainnya sehingga menjadi tempat yang layak untuk dihuni dan ditinggali oleh manusia dan binatang.

Demikian dikutip dari Buku Pintar Alquran dalam Sains, Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah, Dr Nadiah Thayyarah, Halaman 472-473. (Okz)

Tahukah Anda Terbaru