5 Tempat di Madinah yang Harus Dikunjungi Jika ke Tanah Suci

Eramuslim – Paling tidak, ada lima lokasi di Madinah Al Munawarah yang harus diutamakan dikunjungi jamaah. Lima lokasi ini merupakan tempat yang bersejarah bagi umat Islam.

Ustadz Ariful Bahri yang diberi tugas oleh Kerajaan Arab Saudi untuk mengisi kajian dalam bahasa Indonesia di Masjid Nabawi pintu 21 menjelaskan, jamaah disunahkan menziarahi lima tempat tersebut, sebagai berikut:

1. Masjid Nabawi

Masjid ini merupakan ikon Kota Madinah. Ini merupakan masjid yang dibangun Rasulullah SAW. Ada sejumlah keutamaan beribadah di masjid ini.

Keutamaan Masjid Nabawi yang dinyatakan Nabi Muhammad SAW sebagaimana diterima dari Jabir RA yakni sebagai berikut:

Satu kali shalat di masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali shalat di masjid yang lain, kecuali di Masjidil Haram. Dan satu kali salat di Masjidil Haram lebih utama dari seratus ribu kali salat di masjid lainnya.”

Tak hanya itu, Rasululllah SAW pun pernah bersabda, “Barangsiapa melakukan salat di masjidku sebanyak empat puluh kali tanpa luput satu kali salat pun juga, maka akan dicatat kebebasannya dari neraka, kebebasan dari siksa dan terhindarlah ia dari kemunafikan“. (Riwayat Ahmad dan Thabrani).