Saudi Umumkan Renovasi Sumur Zamzam Selesai

Eramuslim – Senin 26 Maret 2018, Penjaga untuk Urusan Dua Masjid Suci telah menghilangkan penghalang di sekitar mataf (area pelataran Ka’bah) di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. Hal ini dilakukan bentuk sebagai persiapan membuka kembali area mataf sepenuhnya bagi jamaah pada hari Selasa (27/3) besok.

Presiden untuk Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, mengatakan pekerjaan restorasi sumur air Zamzam telah rampung. Proyek renovasi sumur Zamzam dimulai pada bulan Oktober tahun lalu, yang mengakibatkan area mataf dibatasi untuk jamaah umrah.

Sheikh Sudais mengatakan, “Seribu pekerja termasuk insinyur, teknisi, dan para spesialis bekerja di proyek restorasi yang mencakup luas tiga ribu meter persegi. Proyek restorasi dilakukan dalam tiga tahap untuk membangun lima transit air Zamzam. Proyek renovasi tersebut juga melibatkan peningkatan sistem untuk menyimpan, memompa, dan mendistribusikan air suci tersebut, sembari memastikan kebersihan dan keamanannya.”

Terletak sekitar 20 meter dari Ka’bah, sumur Zamzam diyakini sebagai sumur tertua di dunia, karena air telah mengalir dari sana selama lima ribu tahun. Sumur Zamzam memompa hingga 18,5 liter per detik dengan kedalaman 30 meter.