Saudi Mulai Bongkar Jembatan Sementara Penghubung Tempat Tawaf

Cincin TawafEramuslim – Minggu 3 April 2016, pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan mulai membongkar sementara jembatan penghubung tawaf di Masjidil Haram setelah selesainya sebagian besar pembangunan jembatan permanen.

Dalam keterangan yang disampaikan langsung Dr. Abdul Rahman Al-Sudais, General Presiden Pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, mengatakan, “Kami akan berkerja sekeras mungkin agar pembongkaran jembatan sementara dan pembangunan jembatan permanen tawaf telah selesai sebelum bulan Ramadhan tiba.”

Dr. Abdul Rahman Al-Sudais menjelaskan bahwa pembongkaran harus dilakukan setelah selesainya umur jembatan sementara penghubung tempat tawaf, dan tidak ada keperluan darurat yang mengharuskan pemerintah Saudi untuk memperpanjang penggunaan jembatan penghubung tersebut.

“Akan ada jalur khusus yang disediakan untuk mereka berkebutuhan khusus pada pembangunan jembatan baru,” ujar Dr. Abdul Rahman Al-Sudais seraya mengatakan bahwa akan ada petugas khusus yang akan ditempatkan untuk untuk mengatur.

Cincin lingkaran tawaf setinggi 12 meter dan memiliki lebar 13 meter mulai dibangun Kerajaan Arab Saudi sejak 3 tahun lalu tepatnya di bulan Ramadhan tahun 1434 Hijriyah agar dapat menampung jamaah Umroh atupun Haji yang terus membludak setiap tahunnya. (Rassd/Ram)