Suhu di Arab Saudi Sangat Panas, Ini Pesan Aa Gym untuk Jamaah Haji

Eramuslim – Dai Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengingatkan jamaah haji untuk bijak menyikapi suhu di Arab Saudi yang disebut-sebut sangat panas.

“Jadi jamaah dari awal itu harus dibekali ilmu tauhid. Apa pun yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan itu adalah yang terbaik,” kata Aa Gym di Madinah, Sabtu 27 Juli 2019.

Dengan demikian, jamaah haji diminta menyikapi hal tersebut dengan tepat.

“Kita ini tamu undangan Allah Subhanahu wa ta’ala. Tidak mungkin pengundang itu melakukan sesuatu yang buruk terhadap pihak yang diundang,” tutur Aa Gym.

Seorang jamaah haji melintas di pelataran Ka’bah, Masjid Al-Haram, Arab Saudi, Selasa (16/7) siang. Pada saat siang hari, terjadi peristiwa istiwa atau posisi matahari tepat di atas Ka’bah.

Walau demikian, ia berharap tim dokter memberikan saran apa yang harus dilakukan oleh jamaah haji agar ibadahnya tetap berjalan lancar kendati cuaca panas.

Aa Gym juga memberikan nasihat agar jamaah haji fokus akan kemabruran hajinya. “Benar-benar target ingin mabrur itu mendarah daging,” jelas dia.

Dirinya mengingatkan jangan pernah jamaah melaksanakan ibadah haji karena faktor lain selain Allah Subhanahu wa ta’ala, seperti agar dikagumi oleh orang lain.

Masalah niat ini, kata Aa Gym, harus benar-benar dijaga kesuciannya dari sebelum keberangkatan, saat menunaikan hajinya hingga saat kembali ke Tanah Air.

“Jangan sampai (niat) di awal baik. Di tengah rusak. Kembali ke Tanah Air malah jadi ujub dan riya,” beber dia. (Okz)