Ziarah Kubur di Tanah Suci, Awas Syirik!

Eramuslim – Kerajaan Arab Saudi sangat menjaga ziarah kubur yang dilakukan jamaah haji dari seluruh dunia dari hal-hal yang syirik.

Karena itu, di makam-makam bersejarah yang ada di Kota Madinah dipasang pengumuman yang mengimbau jamaah haji agar melakukan ziarah kubur sesuai peraturan.

Pengumuman tersebut dipasang sehingga terlihat jelas oleh jamaah yang berziarah. Pengumuman tersebut juga tidak hanya ditulis dalam bahasa Arab, tapi juga dalam Bahasa Indonsia, Inggris hingga Turki.

Pengalaman Okezone, sejumlah makam yang dipasangi pengumuman tersebut adalah Makam Baqi Al Gharqad dan makam syuhada Uhud.

Beberapa hal yang termuat dalam pengumuman tersebut, intinya adalah agar jamaah menghindari ziarah kubur yang syirik, yakni ziarah dengan tujuan berdoa kepada penghuni kubur, termasuk memohon syafaat dan meminta hajat.

“Itu adalah perbuatan syirik yang besar yang dapat mengeluarkan seseorang dari Islam,” begitu bunyi pengumuman yang terpasang di makam Syuhada Uhud.

Selain itu, jamaah juga dilarang keras mengambil tanah dan batu dari lokasi pemakaman tersebut.

“(Ziarah kubur yang bid’ah) melempar biji-bijian, meletakan bunga, menyiram minyak wangi di atas kuburan, dan mengambil tanah dan batu dari kuburan dengan tujuan mencari berkah,” tulis pengumuman di makam Baqi. (Okz)