TikTok Dilarang di AS? CEO-nya Ajak Pengguna Protes ke Senat

eramuslim.com – Rencana pengesahan rancangan undang-undang pelarangan TikTok di Amerika Serikat yang kini sudah digulirkan ke Senat mendapat reaksi keras dari Shou Chew, CEO perusahaan tersebut.

Lewat sebuah video yang dipostingnya di X, Chew mendesak pengguna di AS untuk sama-sama menyuarakan ketidaksetujuan atas rencana pelarangan aplikasi China tersebut..

“Kami tidak akan berhenti berjuang dan mengadvokasi Anda,” kata Chew dalam videonya, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (15/3).

Dalam pernyataannya, Chew juga menyiratkan bahwa TikTok akan mengajukan gugatan hukum jika RUU tersebut disahkan menjadi undang-undang.

“Kami akan terus melakukan semua yang kami bisa termasuk menggunakan hak hukum kami untuk melindungi platform luar biasa yang telah kami bangun bersama Anda,” ujarnya.

Ia juga juga mengingatkan para pengguna bahwa Rancangan Undang-undang pelarangan tersebut  jika disahkan menjadi undang-undang, akan menyebabkan pelarangan TikTok di Amerika Serikat.

“Bahkan sponsor RUU tersebut mengakui bahwa itulah tujuan mereka,” lanjutnya.

RUU tersebut, yang dikenal sebagai “Undang-undang Perlindungan Warga Amerika dari Penerapan yang Dikendalikan Musuh Asing” disahkan DPR pada Rabu (13/3) dengan dukungan bipartisan, hanya beberapa hari setelah diperkenalkan.

Jika RUU tersebut disahkan menjadi undang-undang, hal ini akan memaksa ByteDance untuk menjual TikTok ke perusahaan AS dalam waktu enam bulan, jika tidak aplikasi asal China tersebut akan dilarang dari toko aplikasi dan layanan hosting web AS.

Pekan lalu, TikTok mengirimkan pemberitahuan push ke lebih dari 170 juta pengguna aplikasi tersebut di AS dan mendesak mereka untuk menghubungi perwakilan mereka mengenai potensi larangan tersebut.

“Bicaralah sekarang sebelum pemerintah Anda mencabut hak konstitusional 170 juta orang Amerika atas kebebasan berekspresi,” kata pemberitahuan tersebut.

Gelombang pemberitahuan tersebut dilaporkan menyebabkan staf DPR dibanjiri telepon dari siswa sekolah menengah yang menanyakan apa itu Anggota Kongres. Anggota parlemen mengkritik TikTok yang mereka anggap berusaha “mengintervensi” proses legislatif.

Dalam permohonannya, Chew mengatakan bahwa pelarangan TikTok akan memberikan kekuatan lebih besar kepada segelintir perusahaan media sosial lainnya.

Mantan Presiden Donald Trump, yang pernah mencoba memaksa ByteDance untuk menjual TikTok di AS, baru-baru ini mengungkapkan sentimen serupa, mengklaim bahwa pelarangan TikTok akan memperkuat Meta yang platformnya, Reels, bersaing langsung dengan TikTok.

Chew juga menambahkan bahwa menghapus TikTok akan merugikan ratusan ribu lapangan kerja, pencipta, dan usaha kecil di Amerika.

 

(Sumber: RMOL)

Beri Komentar