Vietnam Lebih Beradab, Presidennya Mau Mundur karena Terlibat Korupsi

eramuslim.com – Presiden Vietnam Vo Van Thuong akhirnya memenuhi tuntutan mundur setelah dituduh terlibat dalam korupsi. Presiden Vietnam sebelumnya yang juga mundur disebabkan kasus korupsi.

Setelah rapat partai pemerintah Partai Komunis hari Rabu (20/3/2024) pemerintah mengatakan bahwa sebu pernyataan bahwa Thuong telah melanggar aturan partai dan mencemari reputasinya, lansir BBC.

Thuon, yang baru diangkat sebagai presiden tahun lalu untuk menggantikan Nguyễn Xuân Phúc yang mundur juga karena tersangkut korupsi, dikabarkan terlibat skandal korupsi di provinsi kampung halamannya.

Partai Komunis memprioritaskan korupsi sebagai masalah yang harus ditanggulangi.

Jabatan presiden merupakan satu dari “empat pilar” kepemimpinan politik teratas di Vietnam. Sekretaris jenderal Partai Komunis merupakan posisi terkuat di antara empat jabatan itu, meskipun presiden juga memiliki otoritas yang signifikan. Dua jabatan lainnya adalah perdana menteri dan ketua parlemen Vietnam.

Ketika terpilih tahun lalu, Vo Van Thuong dipandang sebagai kandidat yang cocok dan relatif muda untuk menjabat presiden, serta memiliki keunggulan sebagai anak didik dari ketua partai Nguyen Phu Trong, tokoh utama gerakan pemberantasan korupsi.

Pengunduran diri Thuong sudah mendapatkan persetujuan resmi dari Majelis Nasional, parlemen Vietnam, dalam rapat hari Kamis ini (21/3/2024).

Beberapa hari lalu, polisi mengumumkan penangkapan – dengan tuduhan korupsi – seorang bekas kepala Provinsi Quang Ngai di bagian tengah Vietnam, yang menjabat ketika Thuong menjadi ketua partai di wilayah itu.

Sebelum Thuong sudah ada beberapa pejabat dan tokoh bisnis Vietnam yang kehilangan pekerjaan, dan sebagian masuk bui, disebabkan tersangkut skandal korupsi.

Salah satu taipan bidang properti terkaya di Vietnam saat ini sedang disidang dan terancam hukuman mati dalam kasus penipuan perbankan senilai $12 miliar, yang terbesar dalam sejarah Vietnam. (sumber:Hidayatullah)

Beri Komentar