Viral Sosok Muslim Korea Pertama Penerjemah Al Quran, Seperti Apa Kisahnya?

eramuslim.com – Sosok Dr. Hamid Choi sempat ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Pasalnya, ada sebuah tweet yang mengangkat kisahnya sebagai sosok muslim Korea pertama yang berhasil menerjemahkan Al Quran dan hadits dalam bahasa Korea, Rabu (22/12/2021).

“Dr. Hamid Choi adalah Muslim Korea pertama yang menerjemahkan Quran dan Sahih al-Bukhari ke dalam bahasa Korea, memakan waktu lebih dari tujuh tahun,” tulis akun @P*************_ seperti yang dilihat detikEdu, Jumat (24/12/2021).

Hingga tulisan ini dibuat, cuitan tersebut telah disukai lebih dari 60 ribu pengguna Twitter dan mendapat retweet nyaris 18 ribu kali. Bahkan, menarik perhatian dari salah seorang politisi berkebangsaan Maladewa dan mantan anggota parlemen People’s Majlis, Ahmed Nihan.

“May Almighty Allah bestows mercy, blessings and accept his good deeds (Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat, berkah, dan menerima amal baiknya),” cuit Ahmed Nihan melalui akun Twitter miliknya.

Lantas, siapakah sosok Dr. Hamid Choi yang tengah ramai dibahas ini?

Melansir dari laman resmi organisasi muslim Arab Saudi Sawt Al Hikma, Dr. Hamid Choi adalah cendekiawan muslim berkebangsaan Korea asli yang banyak menghasilkan karya-karya penting bagi para muslim di Korea Selatan.

Berikut biodata singkat dan kisahnya dalam menyebarkan ajaran Islam di Korea Selatan.

Biodata Singkat Dr. Hamid Choi

Nama: Hamid Choi Yong Kil

Kebangsaan: Korea Selatan

Pekerjaan: Penerjemah, Pengajar Islamic Studies and Arabic di perguruan tinggi Korea Selatan

Pendidikan:
1. Hankuk University, Korea Selatan
2. Islamic Studies di Omdurman University, Sudan