Viral Sosok Muslim Korea Pertama Penerjemah Al Quran, Seperti Apa Kisahnya?

Kisah Dr. Hamid Choi Menyebarkan Ajaran Islam di Korea Selatan

Perjalanan karier cendekiawan muslim Korea ini dalam menyebarkan ajaran agama Islam, bermula saat ia mendalami bahasa Arab di salah satu perguruan tinggi di Seoul, Korea Selatan. Tepatnya di Hankuk University.

Kemudian, Dr. Hamid Choi pun melanjutkan pendidikannya hingga meraih gelar Ph.D. Ia meraih gelar tersebut dalam bidang Islamic Studies di Omdurman University, Sudan. Tidak sampai di sana, profesor yang masih haus akan ilmu agama ini pun memutuskan terbang ke kota Madinah untuk mempelajari langsung dasar-dasar agama Islam di sana.

“Dia (Dr. Hamid Choi) mempelajari bahasa Arab di Hankuk University dan mempelajari dasar-dasar agama Islam di kota Madinah,” tulis Sawt Al Hikma.

Hingga sampai di suatu titik saat memulai karir ilmiahnya, Dr. Hamid Choi mulai menyadari bahwa orang-orang Korea mengalami kesulitan dalam memahami agama Islam. Tentunya, hal ini dilatarbelakangi dengan kendala bahasa dan minimnya sumber-sumber ajaran Islam yang berbahasa Korea.

Bahkan, kerap pula ditemukan misinformasi terkait ajaran agama Islam karena keterbatasan bahasa tersebut. Hal ini pun mendorong cendekiawan muslim ini menginisiasi sebuah proyek ilmiah.

Proyek ini dicanangkan olehnya dengan tujuan dapat menyebarkan ajaran agama Islam. Sekaligus meluruskan informasi yang salah terkait agama Islam untuk seluruh penduduk Korea Selatan.