free hit counters
 

Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji

Eramuslim – Minat umat Islam, khususnya di Indonesia yang merupakan negara Muslim terbesar di dunia untuk berhaji sangat besar. Namun, masa tunggu antrean keberangkatan juga masih lama, bahkan ada yang mencapai waktu 20 tahun.

Namun, tak perlu berkecil hati. Berikut  ini ada amalan yang dapat Anda lakukan untuk mendapat imbalan seperti yang diperoleh oleh orang-orang muslim yang bertandang ke Mekah menjalankan ibadah haji, dilansir dari AboutIslam:

1. Memohon kepada Allah dari Subuh Hingga Isyraq

Rasulullah (SAW) bersabda:

“Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia tetap duduk sambil berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit dan kemudian sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah”, beliau menekankan kata ‘sempurna’ tiga kali.

2. Menuntut Ilmu

Nabi Muhammad SAW berkata:

“Orang yang pergi ke masjid hanya ingin belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji lengkap”.

3. Sholat Berjamaah

Nabi Muhammad (SAW) bersabda:

“Tidakkah Allah memberikan kepadamu (pahala) sholat Isya berjamaah sama dengan ibadah haji, dan sholat Subuh berjamaah sama dengan umrah?” (Muslim)



4. Menghadiri Sholat Jumat

Sa’id bin al-Musayyib mengatakan bahwa melaksanakan sholat Jum’at adalah “lebih disukai bagi-Ku (Allah SWT) daripada haji nafl”.

5. Mendirikan Sholat Id

Salah satu sahabat berkata: “Pergi sholat Idul Fitri sama dengan melaksanakan umrah dan pergi sholat Idul Adha sama dengan melakukan haji”.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tafakur Terbaru