free hit counters
 

Khanzab, Setan yang Menggoda Manusia saat Shalat

Eramuslim – Pernahkah Anda tidak khusyuk saat sedang salat? Seperti gelisah, tiba-tiba memikirkan masalah, melamun, hingga lupa bacaan dan jumlah rakaat.

Ternyata, godaan saat salat itu adalah ulah setan yang ingin mengacaukan manusia ketika sedang beribadah kepada Allah SWT.

Khanzab merupakan setan yang biasa menganggu manusia saat sedang salat. Jenis setan yang satu ini memang selalu berusaha agar misinya berhasil mengganggu orang yang salat. Tak jarang kelakuannya ini sering berhasil, jika yang digodanya jadi gagal fokus.

إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ

Sesungguhnya setan itu bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan salat.” (QS. Al Maidah: 91).



Ustadz Oemar Mita dalam sebuah video Youtube mengatakan, jika sebenarnya ada cara untuk mengusir khanzab. Yaitu Utsman bin Abil Ash R.A berkata pada Rasulullah SAW:

يا رَسولَ اللهِ، إنَّ الشَّيْطَانَ قدْ حَالَ بَيْنِي وبيْنَ صَلَاتي وَقِرَاءَتي يَلْبِسُهَا عَلَيَّ، فَقالَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ: ذَاكَ شيطَانٌ يُقَالُ له خَنْزَبٌ، فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ باللَّهِ منه، وَاتْفِلْ علَى يَسَارِكَ ثَلَاثًا قالَ: فَفَعَلْتُ ذلكَ فأذْهَبَهُ اللَّهُ عَنِّي

Wahai Rasulullah, setan telah menghalangi antara aku dan salatku serta mengacaukan bacaanku. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Itu adalah setan yang disebut dengan Khanzab. Jika engkau merasakan sesuatu (gangguan) maka bacalah ta’awwudz dan meniuplah ke kiri 3x”. Utsman mengatakan,“Aku pun melakukan itu, dan Allah pun menghilangkan was-was setan dariku” (HR. Muslim no.2203).

“Jadi itu merupakan bagian cara untuk menepis dari godaan setan. Makannya setan itu selalu mendatangi kita setiap waktunya, setiap saatnya sampai waktu dalam keadaan salat,” katanya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tafakur Terbaru