Notice: Trying to get property 'slug' of non-object in /var/www/html/framework/wp-includes/taxonomy.php on line 4601

Hal-Hal yang Harus Dilakukan di Saat Terjadi Gelombang Panas

Tips Hadapi Fenomena Panas Terik pada Siang Hari - deCODE Magazine

Eramuslim.com – Indonesia Disebut menjadi salah satu negara yang akan mengalami gelombang panas ektri. Tidak hanya di Indonesia beberapa negara lainnya yang disebutkan diantaranya Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya di Asia Tenggara.

Suhu tinggi diperkirakan kisaran antara 40 derajat Celcius hingga 50 derajat Celcius. Dengan suhu yang sangat ekstrem ini, apa yang perlu dilakukan agar tetap aman?

Para pakar menyebut pada saat gelombang panas ini masyarakat meminta untuk menghindari minuman yang terlalu dingin karena minuman yang terlalu dingin atau es akan menyebabkan pembuluh darah halus dalam darah bisa meledak.

Sehingga bisa menyebabkan penyakit serius seperti stroke lalu apa yang harus dilakukan?

1. Hindari Minum Es

Pertama adalah menghindari minum air es. Pada saat suhu telah mencapai 40 derajat, minum es bukanlah hal yang diabjurkan. Hal ini karena pembuluh darah kecil bisa pecah atau meledak.

2. Lakukan Pemanasan

Hal yang kedua adalah pada saat suhu mencapai 38 derajat dan anda baru dari luar ruangan, lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Pada saat kehausan karena panas, bih baik meminum air hangat secara bertahap atau dilakukan secara pelan-pelan.

3. Jangan Langsung Mandi

Ketiga adalah jangan tiga jangan segera mandi pada saat Anda baru dari luar dengan keadaan tubuh yang masih sangat panas.

Hal ini sama berbahayanya dengan minum es dan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah yang akibatnya bisa menimbulkan penyakit berbahaya seperti stroke.

Tetap jaga pola makan selama periode gelombang panas ini. Gunakan sun block atau sunscreen di luar ruangan. Gunakan pula kacamata untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

(Fajar)

Beri Komentar