free hit counters
 

Susunan Shaf Shalat dan Kompas Kiblat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ustadz yang baik, saya mo menanyakan mengenai shaf shalat nih. Jika design suatu Mushalla memanjang, boleh nggak pembagian shaf pria dan wanita dibuat kanan dan kiri, kemudian dibuat pembatas dari kain gordin?

Saya juga usul, agar EraMuslim menyusun arah kiblat yang tepat, kota-kota besar di Indonesia. Berapa derajd dari arah Barat/ Utara?

Jazakumullah khairan,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kalau kita mengacu kepada apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, maka susunan shaf shalat itu tidak pernah dibuat kanan untuk laki-laki dan kiri untuk perempuan. Di semua kitab fiqih pun kita tidak menemukan hal itu.

Yang ada hanya yang sudah kita ketahui selama ini, yaitu shaf laki-laki di depan dan shaf perempuan di belakang. Bahkan hadits-hadits yang demikian sangat banyak, sehingga sulit buat kita untuk mengubah apa yang telah ditetapkan dan dicontohkan langsung oleh sumber syariah Islam, yaitu Rasulullah SAW.

Karena itu kami agaknya kurang merekomendasikan untuk menerima usulan anda, karena kami tidak menemukan dalil yang membolehkannya. Kecuali karena alasan darurat.

Hal yang darurat bisa kita di masjid Al-Haram Makkah dan Madinah, di mana masjid itu sangat besar dan di dalamnya terdapat ratusan ribu jamaah. Ada shaf khusus wanita tetapi agak terbatas. Kalau jamaah masjid membeludak, terkadang ada posisi yang sulit dihindari, di mana shaf jamaah laki-laki bisa saja sejajar dengan shaf jamaah wanita, bahkan pernah juga posisi laki-laki bisa di belakang shaf wanita, secara tidak sengaja.

Namun di tempat yang kecil dan mudah untuk diatur, sebaiknya kita tidak terlalu menggantungkan masalah kepada masalah dharurat. Kalau mushalla punya jatah yang kurang efisien, banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan menggilir waktu shalat. Jamaah laki-laki disepakati untuk shalat berjamaah lebih dahulu, setelah selesai, giliran jamaah wanita. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi desak-desakan serta untuk efisiensi barisan shaf.

Kompas Kiblat

Sebenarya ada cara yang mudah dan tepat untuk kita lakukan dalam hal pelurusan arah kiblat. Dan cara ini masih terkait dengan komputer dan internet.

Di situs Google ada menu Google Earth. Dengan program ini anda bila melihat photo udara dan satelit yang mencakup hampir semua tempat di dunia. Bahkan anda bisa melihat rumah anda fasilitas ini. Tentukan di mana rumah anda lewat photo udara ini dan beri tanda.

Lalu anda tinggal mencari posisi kota Makkah dan beri tanda juga persis seperti ketika anda memberi tanda.

Ada satu fasilitas di program ini untuk mengukur jarak antara dua titik sekaligus bisa menetapkan arah yang tepat dari rumah anda ke ka’bah. Dari sana akan dapat dengan mudah diketahui ke mana sesungguhnya arah kiblat dari rumah Anda.



Anda juga bisa mengecek kebenaran arah masjid-masjid yang anda kenali lewat photo udara itu. Siapa tahu anda menemukan masjid tertentu yang arahnya kurang tepat.

Fasilitas ini gratif disediakan oleh Google, silahkan download dulu file-file source-nya di earth.google.com, lalu silahkan bereksplorasi dengan arah kiblat.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc

Shalat Terbaru