free hit counters
 

Ini Ciri-Ciri Fisik Wabah Penyakit pada Era Umar Bin Khattab

Eramuslim.com -Wabah penyakit thaun pernah terjadi pada era Umar bin Khattab.

Pada zaman kekhalifahan Umar bin Khattab, wabah penyakit yang dinamakan wabah thaun pernah menerpa kaum Muslimin.  Seperti apa wabah thaun itu?

Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya yang berjudul Ath-Thibb an-Nabawi, secara bahasa, thaun adalah sejenis wabah penyakit, demikian disebutkan dalam ash-Shihah. Sementara itu, di kalangan medis, thaun adalah pembengkakan parah yang mematikan, menimbulkan rasa haus dan dahaga yang amat parah dan rasa sakit yang luar biasa. Tubuhnya menjadi hitam, hijau, atau abu-abu.

Selanjutnya, nanah akan muncul. Biasanya, thaun menyerang tiga lokasi di tubuh, yaitu ketiak, bagian belakang telinga, dan ujung hidung. Di samping itu, thaun terdapat di bagian daging tubuh yang lunak.

Dalam atsar Aisyah disebutkan bahwa ia pernah berkata kepada Rasulullah, “Adapun ta’n (tusukan dengan benda tajam) kami sudah tahu. Lalu, apa yang dimaksud dengan thaun?”

Nabi menjawab, “Benjolan yang muncul seperti yang dialami oleh unta, tumbuh di bagian belakang ketiak dan sejenisnya.” (HR Ahmad).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru